EmitenNews.com - Telkom Indonesia (TLKM) memborong lima penghargaan kategori perusahaan, dan individu. Itu dapat dalam acara puncak “BUMN Learning Festival (BLF) 2024” di Menara BTN, Jakarta. Telkom dinobatkan sebagai “The Most Outstanding BUMN Learning dalam Super Learner Award” kategori perusahaan.

Lalu, Juara Favorit Video “AKHLAK in Kaleidoscope: 4 Years of Solid Transformation.” Kategori individu, Telkom meraih Juara 1 Video “A Day in My Life With AKHLAK” oleh Galuh Putri Pangesthi. Kemudian, juara 1 dan 2 “LinkedIn Activist dalam LinkedIn Competition” oleh Muhammad Taufiq Asmara dan Richard Alberto.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menjelentrehkan tiga hal. Yaitu, learning as a culture, aligning antara learning dengan dunia kerja, dan komitmen Kementerian BUMN. BUMN Learning Festival, selebrasi dari bagaimana learning menjadi sebuah budaya.

“Penghargaan ini, merupakan pengakuan terhadap kontribusi seluruh insan TelkomGroup yang konsisten mengimplementasikan budaya belajar, inovasi dengan berpegang pada Core Values AKHLAK, dan pendekatan konsep Work Life Harmony,” tegas Afriwandi, Direktur Human Capital Management Telkom.

Budaya belajar dan inovasi sudah lama diterapkan di lingkungan TelkomGroup. Secara umum, Telkom mendorong budaya belajar, dan inovasi karyawan melalui tiga metode pembelajaran, yaitu sosial, formal, dan experiential learning, yang melahirkan berbagai inovasi, kolaborasi, dan perbaikan berkelanjutan.

Formal Learning, metode belajar yang membangun kompetensi melalui sesi terstruktur, tantangan lintas departemen, dan diskusi dengan para expert. Experiential Learning fokus mendorong karyawan mengimplementasikan keahlian di dunia kerja, seperti Hack Idea, Telkom Athon, Knowledge Fusion Challenge, dan Leaders Talk Value. 

Sementara Social Learning, metode belajar mendorong karyawan untuk berkolaborasi melalui coaching dan counseling. “Tantangan industri ke depan makin besar sehingga perusahaan dan seluruh karyawan harus meningkatkan kapabilitas agar mampu bertahan dan beradaptasi. Dengan semangat terus belajar dan mengembangkan diri, kami optimistis insan TelkomGroup mampu membawa Telkom tumbuh positif berkelanjutan ke depan,” harap Afriwandi.

BUMN Learning Festival 2024, program inisiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dan BUMN School of Excellence (BSE). Mengusung tema Building Sustainable Learning Culture, BUMN Learning Festival 2024 untuk menumbuhkan keinginan, dan kebutuhan belajar dari seluruh Insan BUMN. Itu penting untuk meningkatkan kompetensi yang akan bermanfaat bagi karyawan dan Perusahaan BUMN. (*)