EmitenNews.com - Realisasi investasi di Kalimantan Barat menunjukkan trend positif. Pj. Sekda Kalimantan Barat Muhammad Bari mengatakan, hingga semester I tahun 2024, jumlahnya mencapai Rp14,39 triliun.

"Capaian ini telah mencapai 53,21 persen dari target yang ditetapkan oleh Kementerian Investasi/BKPM RI untuk tahun 2024 sebesar Rp27,04 triliun,” kata Muhammad Bari saat membuka acara Focus Group Discussion (FGD) di Pontianak, Rabu (18/9/2024).

Pemerintah Provinsi Kalbar optimistis target investasi tahun ini tercapai. Hal itu didorong oleh meningkatnya minat Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) di wilayah itu.

Meningkatnya realisasi investasi ini menjadi salah satu indikator penting bahwa Kalimantan Barat semakin menjadi tujuan utama para investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kalimantan Barat sebagai tujuan investasi ditandai dengan semakin meningkatnya nilai realisasi investasi, baik dari PMDN maupun PMA," tuturnya.

Pemprov Kalbar mencatat, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Kalimantan Barat berhasil mencatatkan pertumbuhan investasi yang signifikan.

Pada tahun 2022, realisasi investasi di provinsi ini mencapai Rp20,08 triliun. Itu berarti , melebihi target RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) sebesar Rp21,52 triliun. ***