EmitenNews.com - Sejahtera Raya Perkasa mengurai kepemilikan saham Indomobil Sukses Internasional (IMAS). Itu dilakukan dengan mengalihkan 25 juta saham emiten otomotif Salim Group tersebut. Transaksi telah dipatenkan pada 29 Mei 2024.

Pelaksanaan transaksi dilakukan di bawah harga pasar. Yaitu, di kisaran harga Rp740,74 per lembar. Nah, dengan skema harga tersebut, Sejahtera Perkasa mengantongi dana taktis tidak kurang dari Rp18,51 miliar. 

Sebagai konsekuensi transaksi tersebut, timbunan saham Indomobil dalam kantong investasi Sejahtera Perkasa mengalami penyusutan. Menjadi 403,56 juta eksemplar alias 10,1 persen. Mengalami reduksi 0,63 persen dari 428,56 juta helai setara 10,73 persen. 

”Tujuan transaksi repurchase agreement alias Repo dengan status kepemilikan saham secara langsung tanpa campur tangan pihak ketiga,” tegas CR. Susilowasti, Corporate Secretary Indomobil Sukses. 

Repurchase agreement atau Repo merupakan transaksi saham berupa kontrak jual atau beli saham dengan janji beli atau jual kembali pada waktu dan harga telah ditetapkan, dituangkan dalam perjanjian. Unsur pokok (esensialia) dalam transaksi Repo saham harga saham dan saham obyek Repo. (*)