EmitenNews.com - PEFINDO menetapkan peringkat idA untuk rencana penerbitan obligasi III/2024 oleh PT Wahana Inti Selaras (WISL) sebesar Rp1,38 triliun. Hasil dari penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja. 

PEFINDO juga menegaskan peringkat idA untuk WISL dan surat utang yang diterbitkannya. Prospek peringkat perusahaan tersebut adalah stabil.

Peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar yang baik, segmen usaha yang terdiversifikasi, dan jaringan outlet yang luas. 

Namun, peringkat ini juga dibatasi oleh struktur permodalan yang moderat serta eksposur terhadap fluktuasi harga komoditas.

Peringkat dapat dinaikkan jika WISL mampu memperkuat posisi pasarnya dan melampaui target pendapatan serta EBITDA, diikuti dengan perbaikan leverage keuangan secara berkelanjutan. 

Sebaliknya, peringkat dapat diturunkan jika perusahaan tidak mencapai target pendapatan dan marjin laba, atau jika perusahaan berutang lebih dari yang diproyeksikan tanpa diikuti peningkatan kinerja bisnis. 

Selain itu, fluktuasi harga komoditas yang tidak menguntungkan dan berkepanjangan juga dapat berdampak buruk terhadap profitabilitas dan menyebabkan penurunan peringkat.

WISL merupakan anak perusahaan dari Indomobil Group yang bergerak dalam kegiatan distribusi untuk beberapa merek alat berat, truk, dan bus seperti Volvo, Renault, Kalmar, Manitou, dan John Deere, serta penyediaan layanan suku cadang dan bengkel perbaikan. Per 31 Maret 2024, saham WISL terdiri dari PT IMG Sejahtera Langgeng (86%) dan PT Indomobil Sukses International Tbk (14%).