EmitenNews.com - RMK Energy (RMKE) menginjeksi fasilitas sejumlah anak usaha Rp416 miliar. Fasilitas pinjaman tersebut mengaliri setidaknya enam entitas perseroan. Transaksi afiliasi tersebut telah dituntaskan pada 20 Agustus 2024.

Enam perusahaan afiliasi tersebut antara lain Rantaimulia Kencana (RMK), Royaltama Marina Kencana (RMKA), RMK Investama (RMKI), RMK Mekanika Investama (RMKMI), RMK Powerindo Kencana (RPK), dan Wahana Sukses Sejati (WSS).

Besaran pinjaman kepada enam afiliasi tersebut beragam. RMK mendapat bagian sebesar Rp325 miliar, RMKI senilai Rp60 miliar, WSS sebesar Rp10 miliar, RPK Rp10 miliar, RMKMI sejumlah Rp6 miliar, dan RMKA sebesar Rp5 miliar. 

Durasi pinjaman sepanjang 1 tahun dengan tingkat bunga 0 persen 3 bulan pertama, dan dengan bunga setara IndONIA 3 bulan + 1 persen untuk bulan selanjutnya. 

Transaksi pemberian pinjaman itu selain mendapat pendapatan bunga, juga dapat memberikan manfaat lainnya berupa perseroan dapat menyewakan alat berat pada perusahaan yang diinvestasi oleh pihak berelasi. Selain itu, entitas anak dapat melakukan perdagangan batu bara yang memanfaatkan fasilitas logistik dari perusahaan yang diinvestasi oleh pihak berelasi. (*)