EmitenNews.com - Rosan Perkasa Roeslani mendapat promosi. Presiden Joko Widodo melantik Dubes RI untuk Amerika Serikat itu, sebagai Wakil Menteri BUMN, di Istana Kepresidenan, Senin (17/7/2023) pagi. Mantan Ketua Umum Kadin Indonesia itu, menggantikan Pahala Mansury, yang hari itu mendapat tugas sebagai wakil Menteri Luar Negeri.

 

Saat yang sama Presiden juga mengambil sumpah jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan wakilnya Nezar Patria, serta beberapa wakil menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya. Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Paiman Rahardjo, dan Wakil Menteri Agama Syaiful Rahmat

 

Pelantikan Rosan Perkasa Roeslani cukup menarik perhatian. Pasalnya, pria kelahiran dJakarta, 31 Desember 1968 itu, belum lama menjalankan tugasnya sebagai Dubes. Pengusaha nasional ini dilantik Oktober 2021, sebagai Dubes RI untuk AS, menggantikan Muhammad Lutfi, yang dipanggil pulang ke Tanah Air, dan ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Perdagangan. 

 

Rosan Roeslani malang melintang sebagai pengusaha kondang nasional. Catatan yang ada menunjukkan kiprah usahanya merambah berbagai sektor lewat bendera Recapital Group. Recapital mengelola manajemen aset keuangan dan investasi, yang bisnisnya menggeluti pertambangan, infrastruktur, properti, hingga media dan komunikasi.

 

Dengan kiprahnya di dunia usaha, tidak mengherankan kalau Rosan mengomandoi Kadin Indonesia. Dalam Musyawarah Nasional (Munas) Kadin VII, di Bandung, Jawa Barat, pada 22-24 November 2015, Rosan terpilih menjadi ketua umum Kadin Indonesia periode 2015-2020.

 

Dalam Munas Kadin 2015 itu, Rosan Perkasa Roeslani mengalahkan saingan beratnya, mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, yang juga pemilik usaha National Gobel, atau Panasonic Gobel Group. Rachmat yang juga politikus Partai NasDem kini menjabat Wakil Ketua DPR RI.

 

Meski tidak berkiprah sebagai kader partai politik, Rosan Roeslani juga sempat terjun ke ajang politik praktis. Pada kampanye pilpres 2019-2024, Rosan Roeslani bergabung ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, bersama Ketua Umum HIPMI saat itu Bahlil Lahadalia yang kini menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM.

 

Saat melantik Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN II, Menteri BUMN Erick Thohir tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Dengan pengalaman yang dimiliki wakilnya itu, Erick Thohir mengungkapkan tidak perlu meragukan lagi kemampuan Rosan untuk menjalan tugasnya di Kementerian BUMN. ***