EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) sepanjang 2023 mematok dana murah dari Tabungan BTN Bisnis sekitar Rp7 triliun. Nah, guna mencapai target itu, Bank BTN menggelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Bandung, Jawa Barat. Road Show di Bandung kelanjutan tahun lalu.


Tindakan itu, dilakukan untuk mengenalkan produk yang dibintangi Atlet Bulutangkis Nasional Peraih Medali Emas Olimpiade Barcelona 1992 sekaligus pengusaha yaitu Alan Budikusuma, dan Susi Susanti. Tahun lalu BTN menggelar road show Tabungan BTN Bisnis di Surabaya, Tanah Abang-Jakarta, Singkawang-Pontianak, Semarang, dan Medan.


Bandung dipilih karena banyak memiliki pusat perdagangan dengan pertumbuhan pesat. Tabungan BTN Bisnis diharap mendapat respon positif para pelaku usaha Kota Bandung. ”Respons Tabungan BTN Bisnis sangat positif dari masyarakat terutama para pebisnis. Tahun ini kami proyeksi meraih dana dari Tabungan BTN Bisnis sekitar Rp7 triliun,” tutur Jasmin, Direktur Distribution & Funding Bank BTN, pada acara Road Show Tabungan BTN Bisnis di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1).


Menurut Jasmin, target tahun ini mengalami pertumbuhan sekitar 40 persen dibandingkan tahun 2022. Itu tersebab optimisme perseroan terhadap respons pebisnis khususnya UMKM pada Tabungan BTN Bisnis. Untuk mencapai target itu, strategi dijalankan perseroan antara lain fokus pada ekosistem bisnis agar seluruh jaringan bisnis dari hulu ke hilir dapat dikelola, dan berputar di Bank BTN.  


”Kami membidik para pebisnis masuk ekosistem properti, perdagangan, kawasan industri, healthcare, dan pendidikan. Tantangan kami ke depan menjadikan Tabungan BTN Bisnis sebagai tabungan transaksional. Untuk itu, kami fokus pada ekosistem bisnis baik supplier maupun buyernya,” imbuh Jasmin.


Tabungan BTN Bisnis menjadi salah satu solusi bagi para pelaku usaha yang akan mempermudah transaksi bisnis karena memiliki beragam fitur pendukung. Di antaranya limitasi transaksi tinggi untuk transfer. Selain itu, juga menawarkan fitur memudahkan pemantauan, dan pencatatan pembukuan transaksi. ”Tabungan BTN Bisnis  memberi kemudahan transaksi kepada segmen pebisnis seperti SME, perdagangan, properti, dan lain-lain, baik secara individu maupun secara institusi," urainya. 


Tabungan BTN Bisnis dapat menunjang aliran transaksi di antara para pedagang dari supplier, pengolah bahan baku maupun penjual di rantai bisnis industri. Apalagi pertumbuhan bisnis produk lokal makin diminati dengan kualitas, dan produk inovatif. ”Pertumbuhan bisnis pesat Bandung perlu didukung layanan perbankan mumpuni, mendukung transaksi, dan BTN siap melayani untuk produk Tabungan BTN Bisnis cabang seluruh Indonesia," terangnya.


Ada sejumlah keuntungan atau benefit didapat para pengusaha di antaranya besaran limit transaksi yaitu nilai transfer antar-rekening BTN maupun bank lain lebih besar daripada tabungan biasa. Selain itu, Tabungan BTN Bisnis masih menerapkan bebas biaya transfer, dan administrasi. ”Tabungan BTN Bisnis juga memberi rincian informasi transaksi bisnis detail. Misalnya, mencantumkan identitas pengirim dana, dan informasi metode transaksi masuk, apakah dengan QRIS atau EDC, dan sebagainya," pungkasnya. (*)