EmitenNews.com - Menyambut bulan suci Ramadan aplikasi musik audio, Spotify, mengumumkan deretan koleksi spesial Ramadan bagi pendengarnya Indonesia.


Head of Studios Southeast Asia Spotify, Carl Zuzarte, menyebut setiap kali masuk bulan Ramadan banyak orang yang beralih ke konten audio. Pada tahun 2021, misalnya, ada peningkatan lebih dari 16% untuk jumlah streaming selama Ramadhan di Spotify di Indonesia saja.


“Dengan Ramadan menjadi salah satu momen terpenting bagi pendengar kami di Indonesia, kami sangat bersemangat untuk menghadirkan berbagai konten audio dan pilihan format di platform kami untuk mendukung momen refleksi diri dan silaturahmi dengan keluarga di bulan suci ini,” kata Zuzarte, seperti dikutip Youngster.id, Jumat (01/4/2022).


Pendengar di Indonesia dapat mencari kata kunci “Ramadan” di Spotify untuk menemukan Ramadan Hub, yang menampilkan playlist lagu dan podcast eksklusif sesuai dengan suasana hati dan momen refleksi diri selama bulan suci.


"Tahun ini Spotify juga memperkenalkan playlist podcast terbaru berjudul 'Berkah Ramadan', berisikan podcast religi terbaik Indonesia yang diperuntukkan bagi pendengar yang menjalankan ibadah puasa untuk menemani waktu sahur dan berbuka," ungkapnya.


Melalui hub Ramadan, pendengar dapat menemukan beragam pilihan audio lokal dan internasional dari Spotify. Mulai dari konten religius untuk siraman rohani, hingga sajian hiburan yang ringan dan menyenangkan. Mulai dari kembalinya audio drama kesayangan Kelas PUBER oleh Makna Talks hingga Podcast Ancur dengan audio drama barunya berjudul “Pasukan Hampa Udara”.


Selain itu ada juga talk show religi ringan dari Podkesmas dan GJLS Ramadan serta kumpulan cerita pengakuan dalam BKR Ngaku dari BKR Brothers — akan ada konten audio yang tepat untuk semua orang selama bulan Ramadan di Spotify.


"Tahun ini, Spotify juga dengan bangga mengumumkan bahwa pendengar kini dapat menikmati auto-biografi dari sang legenda, Rhoma Irama, dalam Cerita Raja Dangdut: Podcast Eksklusif Rhoma Irama Dari Collab Asia," tambah Zuzarte.


Untuk tahun kedua berturut-turut, Refleksi Diri, playlist mixed media dari Spotify telah diperbarui untuk menggabungkan musik dan podcast terbaik Indonesia dalam satu lokasi. Playlist ini dapat ditemukan di Spotify Ramadan Hub, bersama dengan playlist musik Ramadan lainnya yang telah diperbarui dan dikurasi khusus seperti Ketupat Lebaran, Salam!, Mendekatinya, dan masih banyak lagi.(fj)