EmitenNews.com - Sampoerna Agri Resources mengalihkan saham Sampoerna Agro (SGRO) senilai Rp2,48 triliun. Itu dengan menjual 1,26 miliar saham perseroan kepada Twinwood Family Holdings SFO Ltd alias pihak terafiliasi. Penjualan saham setara 69,68 persen terjadi dengan harga Rp1.960 per helai. 

Menyusul penuntasan transaksi itu, Sampoerna Agri tidak lagi mengempit sehelai pun saham Sampoerna Agro. Transaksi dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pada 22 Agustus 2024, Sampoerna Agri melepas 241,67 juta eksemplar senilai Rp473,68 miliar. 

Selanjutnya, pada 26 Agustus 2024, Sampoerna Agri kembali melepas 1,02 miliar saham dengan nilai transaksi Rp2,01 triliun. Oleh karena itu, timbunan saham Sampoerna Agri menjadi nihil. Posisi itu, kemudian, di isi oleh Twinwood sebagai pemegang saham pengendali tapi tidak mengakibatkan perubahan pengendali perseroan. 

Pengalihan saham Sampoerna Agro antara Sampoerna Agri Resources Pte Ltd dan Twinwood Family Holdings SFO Limited tidak mengakibatkan perubahan pengendalian secara tidak langsung/pemilik manfaat akhir perseroan. ”Tindakan itu, dilakukan untuk restrukturisasi kepemilikan saham perseroan dalam grup usaha Sampoerna,” tegas Eris Ariaman, Direktur Sampoerna Agro.

Pengalihan saham Sampoerna Agro oleh Sampoerna Agri kepada Twinwood, yang tidak mengakibatkan perubahan pengendali perseroan, tidak memberi dampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan. 

Twinwood Family Holdings SFO Limited, suatu perusahaan berbadan hukum Dubai, Negara Uni Emerat Arab. Twinwood beralamat di Unit 06, Level 3, Gate Village Building 10, Dubai International Financial Centre, Dubai Uni Emirate Arab. (*)