EmitenNews.com - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) telah menyalurkan pembiayaan ke sektor perumahan sebesar Rp4,6 triliun sepanjang semester I-2023. Secara kumulatif, Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Ananta Wiyogo menyampaikan, Perseroan telah mengalirkan dana dari pasar modal ke sektor pembiayaan perumahan sebesar Rp94,63 triliun.

 

"Perseroan telah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp4,6 triliun, meningkat 5,38 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu Rp4,3 triliun," kata Ananta Wiyogo dalam acara penandatangan perjanjian pembiayaan homestay antara SMF dan BUMDes Appakabaji di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2023).

 

Sejauh ini, Perseroan telah mengalirkan dana dari pasar modal ke sektor pembiayaan perumahan sebesar Rp94,63 triliun, yang terdiri atas penyaluran pembiayaan serta pembelian Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Rp81,02 triliun. Selain itu sekuritisasi KPR tercatat Rp13,61 triliun dengan dana yang telah dialirkan tersebut telah membiayai 1,87 juta debitur.

 

SMF konsisten dalam menjalankan pendanaan kreatif (creative financing) sebagai upaya keberlanjutan melalui sekuritisasi aset KPR untuk menyediakan sumber pendanaan jangka menengah panjang bagi pembiayaan perumahan.

 

Menurut Ananta Wiyogo, sekuritisasi dapat menjadi solusi perbankan dalam mengatasi risiko maturity mismatch dan menekan gap kepemilikan dan kepenghunian rumah di Indonesia yang dicanangkan oleh Pemerintah. ***