EmitenNews.com  - PT Golden Prima Maritim (GPM) yang merupakan anak perusahaan terkendali dari PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP) melakukan pembelian 1 unit kapal LNG bernama Methane Shirley Elisabeth dari GAS-Twenty Ltd pada tanggal 14 September 2022.

 

Anastasia Xenia Corporate Secretary SHIP dalam keterangan resmi Kamis (15/9) menuturkan bahwa nilai Transaksi pembelian kapal ini sebesar USD53,75 juta atau sebesar 33,75% dari ekuitas Perseroan per tanggal 31 Mei 2022 yang berjumlah USD159.259.952 sesuai laporan Keuangan Perseroan pada tanggal 31 Mei 2022.

 

Nilai transaksi ini memenuhi kriteria transaksi material sesuai regulasi OJK dalam POJK 17/2020 yaitu melebihi 20% ekuitas Perseroan dengan sumber pendanaan pembelian kapal ini berasal dari pembiayaan kredit dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan modal sendiri.

 

Perseroan telah menunjuk KJPP Iskandar dan Rekan untuk memberikan Penilaian Properti dan Pendapat Kewajaran atas Rencana Transaksi Pembelian 1 Unit Kapal LNG Methane Shirley Elisabeth milik GAS-Twenty Ltd oleh PT Golden Prima Maritim berdasarkan kesimpulan dari hasil analisis tersebut diatas, maka KJPP Iskandar dan rekan berpendapat bahwa rencana transaksi adalah wajar.

 

"Pembelian kapal ini diilakukan sejalan dengan strategi pertumbuhan dan pengembangan usaha Perseroan sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pelayaran, khususnya di bidang hulu migas di Indonesia,"tuturnya.

 

Dalam penuturannya Manajemen SHIP menambahkan dengan penambahan jumlah armada kapal diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan pendapatan dan laba bersih, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi kinerja keuangan konsolidasian Perseroan di masa yang akan datang, yang pada akhirnya memberikan nilai tambah bagi Perseroan dan seluruh stakeholders Perseroan.