EmitenNews.com - Tim Indonesia menunjukkan keperkasaannya dalam ajang Singapore Open 2022. Tim Merah Putih sukses menjadi juara umum, dengan meraih 3 gelar juara, dan 1 runner up. Indonesia menempatkan empat wakil, atau paling banyak tim pada partai puncak final Singapore Open 2022, di Singapore Indoor Stadium, Minggu (17/7/2022).


Dari sektor tunggal putra, ada Anthony Sinisuka Ginting. Kemudian pada partai ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di sektor ganda putri. Lainnya, terdapat derbi Indonesia pada ganda putra, melalui Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Leo-Daniel jadi juara.


Indonesia sejak semifinal sudah memastikan gelar juara, karena menempatkan empat pasangan. Akhirnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang melaju ke final.


Setelah memastikan satu gelar dari ganda putra, dua wakil Indonesia lainnya juga berhasil meraih kemenangan.


Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, meraih gelar pertama setelah menundukkan wakil China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Dalam tiga pertemuan kedua pasangan tersebut, ini menjadi kemenangan straight game pertama Apriyani/Fadia atas Zhang/Zheng.


Singapore Open 2022 juga merupakan gelar pertama Apriyani/Fadia pada turnamen BWF World Tour Super 500 atau gelar kedua di turnamen terbuka setelah Malaysia Open. Tangis haru Apriyani Rahayu pecah usai menjuarai Singapore Open 2022 bersama pasangan barunya, Siti Fadia Silva Ramadhanti.


Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi juara setelah mengalahkan Zhang Shu Xiang/Zheng Yu (China) pada final di Singapore Indoor Stadium, Singapura, Minggu (17/7/2022). Pasangan dengan nickname PriFad itu menang straight game 21-14, 21-17.


Ini menjadi gelar ketiga Apriyani/Fadia sejak melakoni debut pada Mei lalu. Sebelumnya mereka menjadi juara SEA Games Vietnam 2021 dan Malaysia Open 2022. Jadi pasangan baru, Apri menyebut kunci kesuksesan mereka adalah dari Fadia yang memiliki hati yang mau diajak bekerja sama.


Sementara itu, pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, keluar sebagai jawara Singapore Open 2022 usai merampungkan laga bertajuk All Indonesian Finals. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin  menghentikan dominasi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada puncak final Singapore Open 2022.


Kalah telak pada gim kesatu, Leo/Daniel berhasil menang rubber game dengan skor 9-21, 21-14, 21-16 di Singapore Indoor Stadium, Minggu (17/7/2022).


Keberhasilan Leo/Daniel pada Singapore Open 2022 ini merupakan gelar BWF World Tour Super 500 pertama sejak keduanya dipasangkan.


Anthony Ginting

Anthony Sinisuka Ginting disebut memberikan reaksi cukup emosional usai menjuarai Singapore Open 2022. Tunggal putra andalan Indonesia itu, menjalani laga final Singapore Open 2022, Minggu (17/7/2022) dengan gemilang di Singapore Indoor Stadium. Menghadapi tunggal putra Jepang Kodai Naraoka, Anthony menang dua gim langsung 23-21, 21-17 dalam tempo 53 menit.


Kemenangan Anthony ini menggenapkan gelar yang diraih Indonesia sebanyak 3 trofi dan menyandang status sebagai juara umum. Bagi tunggal putra peringkat keenam dunia tersebut, ini gelar pertama yang diraih sejak Indonesia Masters 2020.


Bisa dibilang Anthony tidak pernah berdiri di podium tertinggi dalam sebuah turnamen BWF selama kurang lebih 2,5 tahun. Karena itu, kemenangan ini mampu menguras emosi Anthony Sinisuka Ginting. Pada akhir laga, pebulutangkis asal Jawa Barat itu, membanting raketnya hingga remuk. Aksi itu tak ubahnya sebagai pelampiasan Anthony setelah tak kunjung menjadi juara dalam 2,5 tahun terakhir ini. ***