EmitenNews.com - Ini sisi lain dari masa pandemi Covid-19. Sejumlah 17 menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, meningkat harta kekayaannya di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat hal itu berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetorkan para menteri. Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono yang kenaikannya paling gede. Disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.


Dalam keterangan KPK melalui situs elhkpn.kpk.go.id, yang dikutip Selasa (14/9/2021), sebanyak 58 persen menteri yang harta kekayaannya bertambah lebih dari Rp1 miliar. Lalu, kemudian ada sekitar 26 persen menteri kekayaannya bertambah kurang dari Rp1 miliar.


Apesnya, ada tiga persen pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melaporkan kekayaannya turun.


Dari ke-58 persen menteri yang harta kekayaannya bertambah, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono yang paling tinggi. Tercatat, harta kekayaan mantan Wakil Menteri Pertahanan itu meningkat sekitar Rp481 miliar.


Di bawah Trenggono, yang hartanya naik juga paling tinggi, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto yang juga mengalami kenaikan sebesar Rp23,38 miliar. ***