EmitenNews.com - PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) telah menyelesaikan transaksi pembelian sebagian saham PT Paramitra Multifinance pada 17 April 2024. Nilai transaksi ini mencapai Rp 60 miliar. 

Dalam keterangan tertulisnya Rabu (17/4), perusahaan jasa keuangan yang dimiliki oleh Sinarmas ini membeli 60 juta saham perusahaan multifinance yang berbasis di Jakarta Selatan. Harga per sahamnya adalah Rp 1.000.

"Dengan transaksi ini, jumlah pembelian saham tidak melebihi 20% dari ekuitas SMMA, sehingga tidak bersifat material," kata Direktur Utama Burhanuddin Abdullah. 

Dengan transaksi ini, SMMA sekarang memiliki kepemilikan sekitar 15,01% di Paramitra Multifinance, bersama dengan Bank Shinhan Indonesia yang memiliki 9,93% saham.

Pemegang saham pengendali Paramitra Multifinance adalah Hyundai Capital Service, Inc., yang memiliki 75,06% kepemilikan saham. Penting untuk dicatat bahwa ketiga perusahaan ini adalah pemegang saham baru dari Paramitra Multifinance. 

Sebelumnya, perusahaan ini dimiliki oleh Premier Mitra Cemerlang sebanyak 99,99% dan PT Para Utama Sedaya hanya memiliki 0,01%.

Burhanuddin juga menekankan bahwa pembelian ini bukan merupakan transaksi afiliasi dan tidak memiliki dampak apa pun terhadap kelangsungan usaha SMMA.