EmitenNews.com - Pakuan (UANG) tengah menggarap Innopark Project, dan Sawangan Project. Dua proyek itu, hasil Kerja Sama Operasi (KSO) dengan sejumlah pihak. KSO Innopark Project hasil kerja bareng dengan Sirius Surya Sentosa (SSS), dan KSO Sawangan Project dengan Diamond Development Sawangan (DDS). 


KSO Innopark Project dengan porsi 63 persen dikuasai SSS, dan 37 persen milik perseroan. Setoran perseroan dilakukan dengan pengalihan deposit KSO Innopark Project dari Diamond Development Sawangan (DDS). Partisipasi SSS, melalui penyediaan tanah proyek untuk pelaksanaan KSO Innopark Project.


DDS mempunyai hak atas deposit proyek dapat ditagihkan kepada SSS sebesar Rp212,5 miliar. Sesuai kesepakatan dalam pelaksanaan KSO Innopark Project, terhitung sejak perseroan masuk, deposit proyek KSO Innopark Project tersebut diambil alih oleh perseroan, dan mewakili 37 persen hak kepemilikan perseroan dalam KSO Innopark Project. 


”Pengembangan Innnopark Project ditarget sepanjang 8 tahun ke depan. Oleh karena memang tidak ada periode berlangsungnya KSO Innopark Project yang diatur secara spesifik. Pada prinsipnya, KSO Innopark Project menargetkan periode 8 tahun untuk pengembangan proyek,” tulis Erick Wihardja, Direktur Utama Pakuan. 


Nah, dalam pelaksanaan KSO Innopark Project itu, perseroan berhak mengembangkan tanah milik SSS, dan disediakan khusus oleh SSS untuk pelaksanaan KSO Innopark Project. Berhak memperoleh keuntungan dari pengelolaan dan penyelenggaran segala produk, dan jasa dari kegiatan usaha proyek KSO. 


Perseroan wajib bekerja sama dengan SSS untuk melakukan pengembangan, pemasaran, dan penjualan atas proyek KSO Innopark Project. Menyediakan bantuan berupa keahlian, pengetahuan, pengalaman, pemasaran, pengelolaan sehubungan dengan penyelenggaraan produk, jasa akan dikembangkan, dan dilakukan dalam proyek KSO Innopark Project.


Membantu memberi dana (bilamana relevan) bagi KSO Innopark Project agar dapat menanggung segala biaya, pengeluaran, dan pajak sehubungan dengan proyek, dan rencana bisnis proyek KSO Innopark Project. Memberi deposit proyek untuk pelaksanaan KSO Innopark Project.


Sementara itu, SSS memperoleh deposit proyek Innopark untuk pelaksanaan KSO. Memperoleh keuntungan dari pengelolaan, penyelenggaran segala produk, dan jasa kegiatan usaha proyek KSO Innopark Project setelah pembangunan selesai.


SSS wajib bekerja sama dengan perseroan untuk melakukan pengembangan, pemasaran, dan penjualan atas proyek KSO Innopark Project. Menyediakan lahan tanah untuk pembangunan proyek KSO Innopark Project. Memperoleh segala perizinan yang diperlukan untuk melaksanakan proyek KSO Innopark Project. Melakukan pengembalian (refund) atas deposit Innopark Project kepada perseroan saat penyelesaian proyek. 


DDS mengalihkan deposit KSO Innopark Project kepada perseroan. Sebelum perseroan masuk, DDS memiliki hak atas deposit proyek KSO Innopark karena ada penyetoran senilai deposit proyek KSO Innopark dapat ditagihkan ke SSS. Deposit Proyek Innopark kemudian dialihkan oleh DDS kepada perseroan berdasar kesepakatan bersama antara DDS, dan perseroan.


Pengalihan dilakukan dengan mekanisme set off atas peningkatan partisipasi DDS dalam KSO Sawangan Project. Itu sebagaimana tertuang dalam addendum kedua atas perjanjian kerja sama operasi (KSO) antara DDS, dan perseroan. KSO Sawangan Project saat ini dimiliki DDS 85 persen, dan perseroan 15 persen. 


Perseroan berkewajiban menyediakan tanah proyek untuk KSO Sawangan Project, dan modal kerja sebesar Rp17,38 miliar. Lalu, DDS wajib menyetor deposit Sawangan Project Rp239,5 miliar, dan modal kerja Rp16,7 miliar. Lalu, DDS meningkatkan partisipasi dalam KSO Sawangan Project pada 27 Juni 2023 dengan setoran Rp176 miliar.


Pengembangan KSO Sawangan Project ditaksir 5 tahun sejak berdiri pada 6 Juli 2021. Dalam pelaksanaan KSO Sawangan Project, DDS mendapat hak untuk pengembangan lahan tanah milik perseroan, dan disediakan khusus oleh perseroan untuk pelaksanaan KSO Sawangan Project. Memperoleh keuntungan dari pengelolaan, dan penyelenggaraan segala produk dan jasa usaha KSO Sawangan Project.


DDS juga berkewajiban menyetorkan dana modal kerja. Mendukung perseroan dalam manajemen, aktivitas penjualan, dan pengembangan KSO Sawangan Project. Bekerja sama merencanakan, menentukan desain, dan spesifikasi KSO Sawangan Project. Mendukung dalam pengelolaan KSO Sawangan Project, bekerja sama dengan perseroan dalam memperoleh persetujuan, dan perizinan. 


Perseroan berhak memperoleh deposit KSO Pangan Project dari DDS untuk partisipasi kepemilikan DDS. Memperoleh keuntungan dari pengelolaan, dan penyelenggaraan segala produk, dan jasa KSO Sawangan Project. Wajib menyediakan tanah untuk pembangunan KSO Sawangan Project. Wajib menyetorkan dana modal kerja. Lalu, mengembangkan KSO Sawangan Project. Melakukan pemasaran atas unit-unit perumahan dalam KSO Sawangan Project. (*)