EmitenNews.com - Jangan bilang hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Megawati Soekarnoputri renggang. Di tengah isu renggangnya hubungan keduanya, ‘petugas partai’ dan Ketua Umum PDI Perjuangan itu bertemu, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2022). Momen pertemuan Presiden ke-7 RI, dan Presiden ke-4 RI itu, diunggah oleh Seskab Pramono Anung di akun Instagramnya @pramonoanungw, Selasa.


Pertemuan tersebut berlangsung setelah Presiden Jokowi melantik jajaran Kepala dan Wakil BPIP dan Dewan Pengarah BPIP di Istana Negara. Sebelumnya, Megawati juga dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP. Ini kali kedua bagi ibunda Ketua DPR RI Puan Maharani itu dilantik sebagai petinggi lembaga yang bertanggung jawab terhadap pemassalan nilai-nilai Pancasila itu.


"Sore ini di Istana Negara, Presiden Jokowi setelah melantik Ibu Mega sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP, menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dalam suasana yang hangat dan penuh keakraban," tulis Pramono di akun Instagramnya, Selasa (7/6/2022).


Isu merenggangnya hubungan Megawati, dan elite PDIP, dengan Jokowi itu, terkait pencapresan di 2024. Ada dugaan hal itu dipicu oleh pernyataan Jokowi dalam Rakernas Projo pada Sabtu (21/5/2022) yang dikabarkan memberi angin pada Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, yang juga kader PDIP, untuk nyapres. Usai pidato itu, ramai-ramai anggota DPR PDIP mengkritik Jokowi dan Ganjar.


Sebelumnya, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung sudah menegaskan hubungan Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani baik-baik saja. Tidak ada ketegangan.


"Enggak ada, sangat tidak ada. Hubungan Bapak Presiden dengan Ibu Mega dengan Ibu Puan baik-baik saja" kata Pramono di Universitas Pertahanan, Bogor, Senin (6/6/2022).


Masih menurut Pramono, dalam waktu dekat, terdapat sejumlah agenda yang akan dihadiri oleh Jokowi dan Megawati. Salah satunya, pelantikan dewan pengarah BPIP. Selain itu, Jokowi dan Megawati juga akan menghadiri peresmian Masjid At-Taufiq milik PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Rabu (8/6/2022). Karena itulah, mantan Sekjen PDIP ini, sekali lagi menepis isu kerenggangan hubungan antara Jokowi dan Megawati. ***