EmitenNews.com - Bertambah lagi stok vaksin Covid-19 Indonesia. Kamis (2/12/2021), kita kedatangan jutaan dosis vaksin AstraZeneca dan Covovax melalui dua tahap kedatangan. Vaksin tahap 144 dan 145 itu, tiba Kamis pukul 22.10 WIB, dan 22.40, masing-masing berupa 656.000 dosis AstraZeneca dan 4.865.500 Covovax. Total vaksin yang tiba di Indonesia kemarin adalah 5.521.500 juta dosis dari kedua merk tersebut.

 

"Lancarnya kedatangan vaksin, membuat upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi jadi lebih optimal," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, dalam siaran persnya yang dikutip Jumat (3/12/2021).

 

Kita tahu pengadaan vaksin Covid-19 merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk mengamankan ketersediaan, dan memenuhi program vaksinasi virus Corona di Indonesia. Selain mendatangkan vaksin, pemerintah juga terus meningkatkan capaian vaksinasi di daerah.

 

Sejauh ini Indonesia mengalami tantangan dalam membangun herd immunity atau kekebalan kelompok lantaran kondisi geografis dan jumlah penduduk yang banyak. Karena itu, menurut Usman Kansong, pemerintah membutuhkan kerja sama dan peran serta dari semua elemen agar program vaksinasi nasional ini bisa semakin cepat dan luas. Peran serta dan partisipasi masyarakat dalam hal ini tidak kalah penting.

 

Karena itulah, pemerintah tidak bosan-bosannya mengajak seluruh masyarakat segera divaksinasi, tidak perlu pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin aman dan berkhasiat. Vaksinasi kata Usman Kansong, bukan sekadar upaya untuk melindungi diri, melainkan juga untuk melindungi keluarga dan seluruh masyarakat.

 

Pemerintah juga terus mendorong pemerintah daerah, terutama yang capaian vaksinasi Covid-19-nya masih rendah, untuk mempercepat dan memperluas program vaksinasi. Terutama untuk kelompok masyarakat rentan seperti kelompok lanjut usia. "Ayo ikut vaksinasi, ajak orang tua, keluarga, sanak saudara yang belum divaksin." ***