EmitenNews.com - Inilah sportivitas dunia sepak bola. Asosiasi sepak bola Thailand meminta maaf atas keributan pada laga final SEA Games 2023 melawan Timnas Indonesia. Federasi sepak bola Thailand berjanji menyelidiki dan mengambil tindakan tegas. Laga final dimenangi Indonesia 5-2 namun pertandingan sempat dirusak dua perkelahian massal dan hujan kartu merah bagi pemain serta ofisial. Salah satunya untuk penjaga gawang Thailand, Soponwit Rakyart karena memukul pemain Indonesia.

 

"FA Thailand harus meminta maaf atas bentrokan di pinggir lapangan," demikian pernyataan resmi FA Thailand, Rabu (17/5/2023).

 

Seperti diberitakan, Indonesia lebih dahulu unggul 2-0 di babak pertama. Lalu, pada babak kedua, Thailand menyamakan kedudukan 2-2 di ujung laga dan memaksakan babak perpanjangan waktu. Ketika itu, Offisial Thailand merayakan gol penyeimbang dengan berlari ke bangku cadangan Indonesia, sampai memicu bentrokan pertama. 

 

Saat Indonesia kembali memimpin 3-2 di awal babak waktu tambahan, siapa nyana terjadi lagi bentrokan yang makin besar. Puluhan petugas keamanan sampai harus turun tangan melerai di tengah suasana jalannya pertandingan yang memang berlangsung panas.

 

Wasit kemudian bertindak tegas, dengan mengeluarkan kartu merah. Thailand sampai harus bermain dengan delapan orang karena pemainnya kembali mendapat kartu merah lantaran permainan keras. Pelatih Thailand, Issara Sritaro, meminta maaf atas kekalahan tersebut.

 

"Kedua belah pihak senang ketika mereka mencetak gol tetapi kami perlu mengendalikan diri dan kami tidak dapat mengendalikan semua orang," ujarnya.

 

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri, menyesali terjadinya bentrokan antara kedua tim. Namun usai pertandingan, Indra memastikan kedua kubu saling memaafkan."Saya menyesal bahwa teman-teman dari Thailand dan tim kami bentrok. Tapi sudah berakhir, kami sudah saling berpelukan dan memaafkan. Ini sepak bola."

 

Mental kuat Tim Garuda Muda di babak tambahan waktu kembali terlihat di babak perpanjangan waktu. Mereka tidak terpancing emosi provokasi pemain Thailand yang dilakukan sejak awal pertandingan. Tim U-22 Indonesia juga berhasil memanfaatkan peluang. Diperkuat hanya delapan pemain, Thailand kesulitan menghadapi serangan Indonesia. Indonesia menambah dua gol lewat Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra di menit ke 106 dan 119. 

 

Kemenangan ini juga jadi prestasi tersendiri bagi pelatih Indra Sjafri. Ia berhasil  mengawinkan gelar Piala AFF U-22 2019 dan medali emas SEA Games 2023 bersama tim U-22 Indonesia yang sama-sana digelar di Kamboja.