EmitenNews.com - Luar biasa pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda Putra Indonesia itu, mencetak sejarah dengan menjuarai All England 2023. Selain menorehkan sejarah pertama kali menjuarai ajang bergengsi itu, Fajar-Rian juga makin mengokohkan posisinya sebagai ganda putra ranking pertama dunia. Dalam laga all Indonesian final, mereka menumbangkan seniornya pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Nomor pertandingan lainnya dimenangi tim China, dan Korea Selatan.

 

Informasi yang dikumpulkan Senin (20/3/2023), final All England 2023 antara Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra berlangsung di Utilita Arena Birmingham, Inggris, pada Minggu (19/3/2023) malam WIB. Fajar/Rian memenangi duel tersebut, dengan straight game atau dua gim langsung, skor 21-17 dan 21-14. 

 

Dengan kemenangan tersebut, Fajar/Rian mengukir sejarah dengan meraih gelar juara pertama dalam ajang All England. Mereka sekaligus melanjutkan tren juara ganda putra Indonesia dalam turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut. 

 

Catatan yang ada menunjukkan, pada All England 2022, ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menjadi jawara. Tahun ini, giliran Fajar-Rian yang mempersembahkan gelar juara All England 2023 untuk Merah Putih.

 

Kemenangan Fajar/Rian cukup mengobati harapan tim Indonesia. Pasalnya, kedua anak muda ini, berhasil mempersembahkan gelar juara di tengah dominasi Korea Selatan dan China yang masing-masing sukses membawa pulang dua gelar juara pada All England 2023. 

 

Lihatlah. Kim So Yeong/Kong Hee Yong dan An Se Young mempersembahkan trofi All England 2023 untuk Korea Selatan dari nomor ganda putri dan tunggal putri. Kim/Kong berhak atas trofi juara usai menumbangkan Baek Ha Na/Lee So Hee, dengan skor telak 21-5 dan 21-12. 

 

Sementara itu, An Se Young menjadi juara All England 2023 setelah mengalahkan andalan China, Chen Yu Fei, melalui tiga gim dengan skor 21-17, 10-21, dan 21-19. Kemenangan ini mengakhiri penantian 27 tahun Korea Selatan di tunggal putri All England sejak Bang Soo-hyun, yang sempat menjadi rival legenda Indonesia Susi Susanti, menjadi juara pada 1996. 

 

Sedangkan China, juga meraih dua gelar juara dalam All England 2023. Gelar juar untuk tim bulu tangkis Negeri Tirai Bambu itu, dipersembahkan oleh Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (ganda campuran) dan Li Shi Feng (tunggal putra). Zheng/Huang menghapus mimpi wakil Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung, melalui tiga gim dengan skor 21-16, 16-21, 21-12.

 

Lalu, Li Shi Feng meraih gelar juara All England 2023 setelah mengatasi permainan sesama wakil China, Shi Yu Qi, melalui dua gim langsung.