EmitenNews.com — Subholding Gas PT Pertamina (Persero) PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN sebagai emiten bersandi PGAS menggelar City Gas Tour di enam kota di Jawa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PGN Ke-57 serta untuk mendukung program strategis nasional yakni pencapaian target satu juta sambungan jaringan gas (jargas) rumah tangga di Indonesia.


Dalam rilis PGN di Jakarta, Jumat, disebutkan mengambil momentum ulang tahun kali ini, PGN sebagai Subholding Gas Pertamina berupaya meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat melalui kegiatan City Gas Tour terkait alternatif energi bersih yang aman dan memiliki banyak fungsi yaitu gas bumi.


Kegiatan dilepas Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PGN Fadjar Harianto Widodo dan Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN Beni Syarif Hidayat.


"Sejalan akselerasi program jargas dan memanfaatkan momentum HUT PGN Ke-57, yang bertepatan pada hari (Jumat) ini, PGN meluncurkan program City Gas Tour yang akan mengunjungi Kota Jakarta, Yogyakarta, Magelang, Semarang, Karawang, dan Bekasi dalam kurun waktu 13-17 Mei 2022," kata Fadjar.


Beberapa titik yang akan didatangi City Gas Tour melalui wilayah Jawa bagian selatan yang belum dilalui jalur pipa distribusi gas bumi. Namun, dengan memanfaatkan potensi sumber gas yang optimal, tentunya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan dampak berantai bagi wilayah tersebut.


"Oleh karena itu, dengan mengombinasikan pipeline dan beyond pipeline menggunakan liquified natural gas (LNG) dan compressed natural gas (CNG), PGN dapat membawa sumber gas dari mana pun yang dapat diutilisasi (dimanfaatkan) untuk masyarakat setempat," tambahnya.


Di enam kota tersebut akan dilaksanakan serangkaian kegiatan brand activation menggunakan food truck berbahan bakar dual fuel yaitu minyak (BBM) dan gas (BBG), serta dilakukan sosialisasi penggunaan gas bumi pada kehidupan keseharian dan beragam manfaatnya.


Sosialisasi meliputi produk, keamanan gas, registrasi berlangganan gas, demo masak, kuis offline dan online, serta penjualan makanan, minuman, dan merchandise PGN.


"Dengan target pemasangan satu juta jargas pada 2022, angka sebesar itu merupakan angka yang sangat menantang dan membutuhkan berbagai strategi," ujar Fadjar.