EmitenNews.com - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berkomitmen turut serta dalam pemulihan perekonomian nasional khususnya melalui sektor pariwisata. Untuk itu mereka menawarkan promo khusus untuk pelanggan yang berencana melakukan perjalanan wisata di tahun 2020.


"Hadirnya promo khusus di Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2021 kami proyeksikan dapat meningkatkan trafik pergerakan penumpang yang akan melaksanakan kegiatan berwisata di tahun depan,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.


Irfan menjelaskan penyelenggaraan GATF ini merupakan upaya proaktif Garuda dalam menjawab kebutuhan masyarakat terhadap moda transportasi yang aman dan nyaman di era kenormalan baru di tengah meningkatnya confidence masyarakat untuk kembali terbang.


Upaya ini selaras dengan upaya mereka mengoptimalkan aksesibilitas penerbangan melalui added value dan promo khusus pada program GATF yang periode perjalanannya berlaku hingga November 2022. Pihaknya berharap promo tersebut dapat memberikan beragam pilihan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan sedini mungkin, khususnya bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan wisata di tahun 2022 mendatang.


"Penyelenggaraan GATF 2021 ini merupakan komitmen Garuda untuk terus berakselerasi memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pengguna jasa di tengah upaya pemulihan kinerja Garuda guna menjadi entitas bisnis yang semakin berdaya saing, adaptif dan inovatif ke depannya," tambah Irfan.


GATF 2021 digelar Garuda bersama Bank BNI resmi secara hybrid online dan offline. Gelaran offline dilaksanakan mulai Jumat hingga Minggu (10–12 Desember 2021) di Senayan City, sedangkan gelaran online dilaksanakan Jumat hingga Kamis (10–16 Desember 2021) di website Garuda Indonesia.


Gelaran GATF 2021 ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk melakukan wisata ke penjuru daerah di Indonesia. Selain meningkatkan pemulihan ekonomi, GATF digelar dengan protokol kesehatan ketat agar masyarakat kembali percaya pada industri penerbangan.


Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangan yang diterima di Sabtu (11/12) mengatakan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir 2 tahun menjadi tantangan yang tidak mudah bagi pelaku industri pariwisata. Ia berharap adanya sinergi dalam menghadirkan GATF dapat mendorong kebangkitan pariwisata dan membuka peluang dan kesempatan kerja.


"Kami tentunya akan terus mendukung berbagai inisiasi positif dari Garuda Indonesia dan BNI dalam mendorong pemulihan pariwisata nasional yang tentunya juga harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan pada seluruh aspek operasional kepariwisataan,” kata Sandi.


Dikatakan, Kementerian Pariwisata telah menerapkan sertifikasi CHSE pada tempat wisata-wisata tertentu. CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan. Sertifikasi CHSE ini bertujuan untuk menekan penyebaran covid-19 sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman wisatawan.


Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati, mengatakan sinergi dengan Garuda Indonesia pada penyelenggaraan GATF 2021 ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap pemulihan sektor pariwisata sejalan dengan semakin meningkatnya kesadaran atas penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini industri pariwisata.


“Sinergi bersama Garuda Indonesia ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap industri pariwisata sejalan dengan proses sertifikasi Kementerian Pariwisata yang telah terimplementasikan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Harapan kami dukungan BNI ini dapat mendorong pertumbuhan industri pariwisata,” ungkap Sulistyowati.


Pada gelaran GATF 2021 ini Garuda Indonesia menghadirkan berbagai memberikan ragam pilihan tiket penerbangan dan paket perjalanan wisata domestik dan internasional, dengan penawaran menarik, yang salah satunya melalui penawaran diskon tiket penerbangan hingga 80% di sejumlah rute pilihan.


Melalui program “Best Deal”, GATF 2021 menawarkan diskon tiket hingga 80% untuk penerbangan dari Jakarta menuju 11 destinasi domestik, seperti Manado, Sorong, Labuan Bajo, Medan, Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Lombok, hingga Semarang mulai dari 900 ribuan.


Selain harga special rute domestik, Garuda Indonesia juga memberikan penawaran diskon 18% untuk rute internasional serta redemption 50 persen untuk award tiket penerbangan bagi anggota GarudaMiles.(fj)