EmitenNews.com - Pertemuan Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 di Solo, selama 5-7 Juli 2022 mendorong realisasi tiga agenda utama yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. 

 

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Djatmiko Bris Witjaksono pada pertemuan TIIWG G20 di Hotel Alila Solo, Rabu (6/7/2022), menjelaskan, salah satunya bagaimana memperkuat infrastruktur kesehatan global. Dua agenda lainnya, mendorong digitalisasi dan memastikan adanya energi transisi.


Melalui pertemuan tersebut, negara-negara anggota G20 juga berupaya memastikan proses reformasi World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia bisa berjalan sesuai dengan aspirasi para anggota WTO baik negara berkembang maupun tidak berkembang.

 

Sesuai arahan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, ada kesamaan posisi di antara negara-negara. Intinya, sama-sama punya suara, punya hak.

 

Pertemuan negara-negara anggota WTO di Jenewa, Swiss beberapa waktu lalu memberikan hasil sangat baik dan sejalan dengan visi misi yang diusung di G20.

 

"Yakni mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat ada proses investasi berkelanjutan, memperhatikan aspek lingkungan, sosial. Kami memastikan adanya kesamaan pandangan sehingga ada komitmen mewujudkan apa yang diarahkan oleh presiden," kata Djatmiko Bris Witjaksono. ***