EmitenNews.com - MUFG Bank Ltd menggelontorkan dana segar Rp1,62 triliun. Dana itu diguyur untuk menyerap 494,36 juta saham Mandala Multifinance (MFIN) seharga Rp3.297. Mandatory tender offer (MTO) saham Mandala Multifinance itu, telah dituntaskan pada 28 Agustus 2024. 

Menyusul pelaksanaan penawaran tender wajib itu, timbunan saham Mandala Multifinance dalam pangkuan MUFG Bank makin menggurita. Tepatnya, menjadi 2,36 miliar eksemplar setara dengan porsi kepemilikan 89,26 persen.

Bertambah 18,65 persen dari episode sebelum transaksi dengan donasi 1,87 miliar helai. Tabungan saham sebelum transaksi itu, selevel dengan 70,61 persen. Sekadar informai, sebelumnya MUFG Bank, Ltd telah menyiapkan dana senilai Rp1,69 triliun untuk membeli sisa kepemilikan saham Mandala Finance milik publik.

Langkah tersebut dilakukan melalui aksi tender offer wajib sebagai kelanjutan proses akuisisi Mandala multifinance tahun lalu. Adapun, kalau pemegang saham publik melaksanakan haknya untuk mengikuti tender wajib tersebut, Mandala Multifinance kemungkinan akan menjadi perusahaan tertutup. 

Di mana, MUFG akan memegang saham Mandala Finance terbanyak dengan kepemilikan sekitar 90 persen. Pengendali baru tidak memiliki rencana konkret untuk mengajukan perubahan status Mandala Multifinance dari perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup. (*)