EmitenNews.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan optimistis pasar UMKM, khususnya produk kerajinan makin meluas. Pasalnya, pihak Dinas Perindustrian Sulsel melihat kualitas produk terus meningkat, sehingga mampu bersaing. Tenun perajin asal Tana Toraja bernama Yarden terpilih sebagai karya tenun terbaik di pameran Inacraft 2023.

 

Kepala Dinas Perindustrian Sulawesi Selatan Ahmadi Akil di Makassar, Sulsel, Senin (6/3/2023), mengatakan kualitas produk kerajinan Sulsel semakin terbukti dan diakui. Terutama dengan terpilihnya tenun perajin asal Toraja bernama Yarden, sebagai karya tenun terbaik di pameran Inacraft 2023.

 

Dengan penghargaan tersebut, sebut Akil, pihaknya akan terus mendukung para pelaku UMKM kerajinan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. Tidak hanya regional, tapi nasional hingga internasional.

 

"Jangan sampai hari ini dapat award, besok hilang. Kita cari tahu misalnya titik lemahnya di mana, perajinnya juga harus semakin punya keinginan untuk maju. Saya yakin setelah mendapatkan penghargaan itu termotivasi lah para perajin lain juga untuk maju," ungkap Akil.

 

Penilaian penghargaan pada karya tenun di Inacraft mempunyai standar tinggi, di antaranya ramah lingkungan, etnik, dan nilai kreativitas yang tinggi.

 

Yarden mengusung etnik kedaerahan, tapi punya inovasi yang tinggi, sehingga potensi mendapatkan pasar yang lebih besar. Akil memuji kualitas tenun Yarden juga sangat bagus, sehingga layak terpilih sebagai yang terbaik dalam pameran bergengsi Inacraft 2023. ***