EmitenNews.com - Warga DKI Jakarta waspadalah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat mewaspadai potensi banjir rob yang diperkirakan terjadi 8-17 Juli 2022 di beberapa wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Kewaspadaan perlu ditingkatkan, karena bumi memasuki fase bulan purnama, yang biasanya terjadi air pasang.


"Saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum." Demikian peringatan BPBD Jakarta melalui akun Instagram @bpbddkijakarta, seperti dikutip Senin (11/7/2022).


Potensi banjir pesisir atau rob itu diperkirakan terjadi pukul 18.00-24.00 WIB. Wilayah yang berpotensi terjadi rob di antaranya Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda yang semuanya berada di Jakarta Utara dan juga Kepulauan Seribu.


"WASPADA terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," tulis BPBD.


Untuk itu masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut diminta terus memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112. ***