EmitenNews.com - Salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka, dan terbesar Indonesia PT PP (PTPP) meresmikan RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani. Proyek garapan PTPP itu, Berlokasi di Papua. 


Peresmian RS Modular itu, dilakukan secara langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ikut hadir Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, SVP Divisi Gedung Andek Prabowo, dan para pejabat lain. 


Proyek pembangunan RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani berlokasi di Kabupaten Merauke itu, hanya memakan waktu 28 hari. Pengerjaan proyek Kementerian Pertahanan itu, mulai awal September 2021, dan rampung awal Oktober 2021, dengan tetap mengedepankan kualitas hasil pekerjaan PTPP. 


Lingkup pembangunan proyek itu, meliputi pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal, pekerjaan elektrikal, pekerjaan elektronik, pekerjaan medis (pekerjaan gas medis, bed head, nurse call, dan ventilator), pengadaan alat kesehatan, dan pekerjaan landscape. ”RS tersebut memiliki total kapasitas tempat tidur 201 unit. Kami berharap RS Modular dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tutur Novel Arsyad, Direktur Utama PTPP.


RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani memiliki fasilitas lengkap. Mulai ruang rawat inap, radiologi, dan farmasi. Tidak hanya itu, di RS tersebut juga terdapat ruang karantina, laboratorium, Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan ruang operasi. ”Kasus Covid-19 sudah melandai, ini selain mendukung pelaksanaan PON XX Papua, nanti bisa dimanfaatkan setelah PON untuk melayani seluruh masyarakat,” tegas Jokowi, pada sambutannya.


Jokowi mengaku RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani dapat dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan, dan setelah hajatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. ”Ini sangat membantu penanganan masyarakat dengan pelayanan kesehatan cepat, dan mudah dan terjangkau. Saya berpesan rumah sakit ini dimanfaatkan untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan cepat, dan nyaman,” harapnya. (*)