EmitenNews.com - Ini kelebihan emas sebagai pilihan investasi. Emas dinilai menjadi investasi aman untuk mengelola finansial. Karena itu, menabung emas dianggap salah satu solusi untuk menyisihkan dana darurat di kemudian hari.


Dalam webinar secara daring bertajuk: Bebas Finansial dengan Emas, Selasa (25/10/2022), Senior Vice President Divisi Penjualan PT Pegadaian, Muh Ariyadi Purwanto mengungkapkan, emas juga bentuk investasi yang menjanjikan serta bisa memberikan keuntungan menarik. Jenis investasi ini merupakan pilihan yang tengah naik daun di masa pandemi Covid-19.


Menurut Ariadi, saat inflasi maupun resesi melanda negara, harga emas juga cenderung meningkat. "Dari sisi emas harganya kontradiktif, saat PDB kita turun, nilai tukar turun, harga emas tetap meningkat."


Ada contoh menarik, tahun 1997, saat itu harga emas senilai Rp25 ribu per gram. Jika dijual pada kondisi saat ini, kata Ariadi, nilainya meningkat drastis. "Dahulu 1 motor seharga 5 jutaan setara 200 gram emas, sekarang 200 gram emas setara 12 motor."


Investasi emas juga bisa menjadi tujuan menyimpan dana darurat. Pasalnya, emas merupakan barang yang mudah digadai, dijual serta berlaku di mana saja. Pegadaian sendiri memiliki sederet layanan emas yang bisa dimanfaatkan nasabah.


"Kalau kita ke Turki, misal bawa logam mulia yang sudah tersertifikasi, lalu belanja nih dan bayarnya dengan emas. Saya yakin pedagang di sana menerima. Karena emas bersifat universal," kata dia.


Sementara itu, Principal Consultant & CEO ZAP Finance, Prita Ghozie menyampaikan, dalam pengelolaan finansial diperlukan beberapa trik di antaranya memiliki uang yang cukup hingga pengelolaan yang bijak.


"Bukan tidak boleh belanja. Kita harus mengatur kebutuhan dan keinginan dengan bijak. Bukan tidak boleh punya cicilan, tapi itu harus bijak. Kalau ini diterapkan InsyaAllah keuangan kita sehat," terangnya. ***