EmitenNews.com - Akan ada gerai ritel besar yang bakal menampung produk UKM Indonesia di Timur Tengah. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan berkunjung ke Arab Saudi untuk mewujudkan pembukaan gerai ritel besar atau "hypermarket" itu. Indonesia dan Arab Saudi memiliki hubungan dekat. Tetapi, untuk sektor perdagangan, Arab Saudi lebih banyak menjalin perjanjian dengan Vietnam dan Thailand.

 

"Besok saya ke sana dan mengusahakan membuka gerai seperti hypermart di Madinah dan Jeddah, agar nanti pengusaha UKM kita bisa kirim barang ke sana dengan mudah," kata Mendag Zulkifli Hasan dalam pembukaan Rapat Kerja Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

 

Dalam muhibah penting itu Kementerian Perdagangan juga akan membawa Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, perhimpunan ritel modern serta para pengusaha ritel. Pertemuan ini diharapkan dapat membuahkan hasil yang baik.

 

"Saya mencoba berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi agar hubungan dagang ini bisa ditingkatkan, kita akan coba terus terutama di sektor perdagangan," kata Menteri Zulkifli Hasan.

 

Sejauh ini Indonesia dan Arab Saudi memiliki hubungan dekat, sangat dekat. Tetapi, untuk sektor perdagangan, Arab Saudi lebih banyak menjalin perjanjian dengan Vietnam dan Thailand. Untuk itulah Menteri Zulhas ingin mengambil ceruk pasar di bidang perdagangan tersebut. ***