EmitenNews.com - Indeks saham di Asia pagi ini Selasa (30/11) dibuka naik mengikuti pergerakan indeks saham utama di Wall Street semalam, dimana ketiga indeks berakhir di zona hijau.

Imbal hasil (yield) surat utang Pemerintah AS (US Treasuries) merangkak naik dengan imbal hasil US Treasury Note bertenor 10 tahun naik 3.1 bpss menjadi 1.52% seiring meredanya fenomena flight-to-quality.

"Risk appetite investor mulai membaik didorong oleh prospek bahwa lockdown secara nasional tidak akan terjadi di AS," kata analis Phillip Sekuritas, Dustin Dana Pramitha.

Presiden Biden mengatakan varian Omicron bukanlah alasan untuk bersikap panik. Ia akan mengumumkan pada hari Kamis strategi Gedung Putih dalam menangani virus Covid-19 pada musim dingin ini. Dan strategi ini tidak termasuk lockdown, tapi akan lebih menekankan pada vaksinasi, pemberian suntukan tambahan (booster) dan testing.

"Investor merasa sedikit lega melihat indikasi dari perusahaan farmasi bahwa mereka memandang varian Omicron dengan sangat serius," imbuh Dustin.

Para produsen vaksin seperti Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson kemarin mengatakan mereka sedang bekerja keras membuat vaksin yang secara spesifik mentargetkan varian Omicron jika terbukti vaksin yang tersedia tidak efektif melawan varian tersebut.

Sentimen juga membaik dipicu oleh spekulasi bahwa bank sentral AS (Federal Reserve) mungkin akan mengambil pendekatan yang lebih lunak (dovish) berkaitan dengan kebijakan moneter. Investor mulai mempertimbangkan potensi penundaan rencana kenaikan suku bunga acuan oleh Federal Reserve.

Dari sisi makroekonomi, investor menantikan rilis data resmi Manufacturing PMI Tiongkok untuk bulan November pagi ini dan kesaksian ketua Federal Reserve Jerome Powell di depan Komite perbankan Senat AS (U.S. Senate Banking Committee) nanti malam.

Untuk perdagangan di BEI hari ini IHSG
diprediksi menguat dengan support-resistance di kisaran 6.525-6.655. Berikut data teknikal saham yang direkomendasikan Phillip Sekuritas.

JPFA
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bearish
Trade Buy : 1,600
Target Price 1 : 1,655
Target Price 2 : 1,680
Stop Loss : 1,560

BBRI
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 4,170
Target Price 1 : 4,310
Target Price 2 : 4,380
Stop Loss : 4,090

CTRA
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 1,050
Target Price 1 : 1,110
Target Price 2 : 1,130
Stop Loss : 1,005

MNCN
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 960
Target Price 1 : 1,005
Target Price 2 : 1,025
Stop Loss : 925.(fj)