EmitenNews.com -Sebagai tanggapan terhadap ketidakpastian global dan ketidakpastian politik, beberapa negara ingin mengembalikan stabilitas tanpa meningkatkan kontraversi politik. Pilihan yang biasa diambil dalam kondisi ini adalah membentuk Kabinet Zaken. Kabinet Zaken adalah Kabinet yang terdiri dari teknokrat yang diisi oleh para ahli dari berbagai bidang, terutama ekonomi.

Akankah kabinet tersebut berdampak pada kepercayaan investor dan mengapa Kabinet tersebut dipercaya dapat memulihkan kepercayaan dalam pasar keuangan. Artikel berikut akan membahasnya.

Apa sebetulnya Kabinet Zaken?

Secara harfiah, Kabinet Zaken mengacu pada sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh teknokrat, dan bukan politisi. Kabinet ini berisikan orang-orang yang memiliki keahlian professional, terutama keahlian dalam bidang ekonomi agar dapat menyelesaikan masalah kritis yang dihadapi negara. Dan seringkali memang dibentuk dalam situasi yang krisis, seperti krisis ekonomi, politik atau mungkin negara mengalami krisis keduanya. Mengapa Zaken menjadi pilihan, karena Kabinet tersebut dipercaya dapat mengambil keputusan dengan berdasarkan pada analisis data dan tentu saja keahlian teknisnya. Dalam kondisi ekonomi yang sedang bergejolak kabinet ini tentu akan menjadi daya tarik bagi investor dalam mencari stabilitas dan kepastian.

Apa kaitannya dengan kepercayaan investor?

Dalam perekonomian modern baik itu investor domestic atau internasional merupakan elemen vital dalam menggerakan roda ekonomi, dengan tingginya kepercayaan investor untuk berinvestasi maka akan menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperkuat mata uang. Sebaliknya jika investor sudah tidak percaya , maka ini akan sangat merugikan. Sehingga menjaga kepercayaan investor menjadi prioritas utama bagi banyak negara, terutama yang sedang menghadapi tekanan ekonomi.

Akankah Kabinet Zaken meningkatkan kepercayaan investor?

Kabinet Zaken dapat mempengaruhi kepercayaan investor melalui cara berikut :

1. Keputusan rasional berbasis data

Dalam Kabinet Zaken yang berisikan pakar dalam bidangnya, tentu pasti dapat mengelola kebijakan ekonomi dengan baik, mereka tidak terlibat dalam politik partisan dan fokus pada data dan fakta. Ini diharapkan dapat membantu dalam mengambil Keputusan yang rasional dan tidak dipengaruhi oleh dinamika politik jangka pendek. Investor sangat menghargai keputusan yang didasarkan pada fakta dan analisis yang jelas, karena hal ini mengurangi risiko ketidakpastian. Dengan adanya Kabinet Zaken, investor cenderung lebih percaya bahwa kebijakan ekonomi yang diambil adalah yang terbaik untuk stabilitas jangka panjang, bukan hanya untuk memenangkan pemilihan atau menjaga popularitas politik.

2. Stabilitas ekonomi harus menjadi fokus utama

Mengembalikan stabiitas ekonomi, adalah salah satu prioritas utama dari Kabinet Zaken. Tugas para teknokrat ini adalah bagaimana menstabilkan situasi perekonomian negara, mengurangi defisit dan memperbaiki struktur anggaran negara. Selain itu para teknokrat juga diberi mandat untuk melakukan reformasi struktural yang diperlukan agar perekonomian dapat berjalan dengan baik. Hal ini sangat diperlukan untuk membangun kepercayaan investor, mereka akan lebih percaya jika ada perencanaan yang jelas untuk mencapai stabilitas ekonomi. 

3. Tidak ada kepentingan politik, transparansi dan akuntabilitas

Kabinet Zaken didalamnya adalah para teknokrat yang tidak memiliki keterikatan politik. Sehingga memiliki kebebasan untuk mengambil kebijakan yang sangat dibutuhkan. Selain Kabinet Zaken sifatnya professional dan non-politik, biasanya lebih terbuka dalam komunikasi dan pelaporan. Mereka akan memberikan informasi yang akurat dan terbuka mengenai kondisi ekonomi, termasuk risiko yang mungkin dihadapi negara. Sehingga karena adanya transparansi yang lebih baik, maka investor akan dapat membuat keputusan investasi yang lebih berinformasi, menilai risiko dengan lebih jelas dan dapat merencanakan strategi yang tepat. Selain itu Kabinet Zaken akan lebih mungkin memenuhi janjinya dalam hal kebijakan ekonomi.

4. Pemulihan Kepercayaan Pasar Keuangan

Kabinet zaken dibentuk pada saat negara menghadapi Krisis ekonomi atau politik yang serius,  kepercayaan pasar keuangan telah menurun. Dengan memilih orang-orang yang memiliki kemampuan dan reputasi baik, ini merupakan pertanda bahwa dalam mengatasi krisis negara lebih serius.

Tantangan yang Dihadapi Kabinet Zaken