EmitenNews.com - Shima Global Kapital mengurai kepemilikan saham Energi Mega Persada (ENRG). Itu ditunjukkan dengan melepas 88.534.100 helai alias 88,53 juta saham emiten Bakrie Group tersebut. Transaksi divestasi itu, telah ditahbiskan pada Kamis, 3 Oktober 2024. 

Penuntasan transaksi dibantu sejumlah sekuritas. Broker terlibat dalam aksi itu antara lain Trust Sekuritas, NH Korindo Sekuritas Indonesia, KB Valbury Sekuritas, Korea Investment and Sekuritas Indonesia, dan Panin Sekuritas (PANS). 

Menyusul transaksi itu, timbunan saham Energi Mega dalam pangkuan Shima Global Kapital mengalami reduksi menjadi 5,28 miliar lembar alias setara dengan porsi 21,3 persen. Susut 0,35 persen dari sebelum transaksi dengan tabulasi 5,37 miliar helai atau 21,65 persen. 

Sayangnya, seperti biasa transaksi dilakukan dalam tradisi senyap. Baik dari sisi harga pembelian, nilai transaksi, dan tujuan aksi tersebut benar-benar masih misteri. Dengan begitu, para investor ritel tidak bisa menguntit apalagi ikut arus. (*)