EmitenNews.com - Begini ajang daerah memulihkan perekonomian pascapandemi Covid-19. Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022, di  Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Acara yang dibuka Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Rabu (20/7/2022) dan ditutup Jumat (22/7/2022) itu, bagian dari tanggung jawab Apkasi dalam menjaga dan mendorong pemulihan perekonomian nasional pascapandemi.


Dalam keterangannya yang dikutip Kamis (21/7/2022), Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, tema Apkasi Ekonomi Ekspo 2022, Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global. Tema ini, kata Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat itu, berkaitan erat dengan tema G20 'Recover Together, Recover Stronger. “Apkasi menggelar AOE 2022 untuk dijadikan momentum pemulihan ekonomi daerah yang berdampak pada pemulihan ekonomi nasional.”


Menurut Sutan, pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 harus dilakukan secara kolektif. Pemulihan ekonomi juga harus dilakukan melalui jejaring nasional hingga global.


Kegiatan AOE 2022 punya makna sejarah. Otonomi expo sebagai momentum proses memperjuangkan otonomi daerah seiring dengan proses reformasi 1998 yang hasilnya dapat dinikmati saat ini. Otonomi daerah yang kita nikmati sekarang, menurut Sutan, adalah hasil perjuangan panjang yang harus kita rawat sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat.


AOE 2022 diikuti sebanyak 247 Kabupaten se-Indonesia. Angka ini jauh lebih banyak ketimbang AOE tahun lalu yang hanya 115 Kabupaten. Dengan semakin menurunnya kasus Covid-19, kata Sutan, tahun 2022 peserta AOE mengalami peningkatan yaitu diikuti sebanyak 247 Kabupaten se-Indonesia. “Apkasi berkolaborasi dengan para buyer dan juga investor potensial."


Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membuka secara resmi Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022. Tito memukul gong sebagai simbol dibukanya kegiatan AOE 2022 yang dijadwalkan selama tiga hari, mulai 20 Juli hingga 22 Juli 2022.


Dalam kegiatan ini terdapat lebih kurang 245 booth yang dipamerkan. Para peserta expo membawa berbagai sampel komoditi unggulan daerah serta proposal investasi yang siap ditawarkan pada para investor selama tiga hari ke depan. ***