EmitenNews.com - Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk mendorong rantai pasok dan optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang melibatkan IKM di Indonesia, Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak. Tujuannya, melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) agar masuk dalam rantai pasok perusahaan besar di Indonesia.


Salah satu langkah Astra melalui YDBA, yaitu terlibat dalam kegiatan Link & Match yang digelar Kementerian Perindustrian RI serta Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia, beberapa waktu lalu di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, YDBA diwakili Ketua Pengurus, Sigit P. Kumala bersama 16 Perusahaan Tier 1 PT Astra Honda Motor serta 32 IKM bidang manufaktur binaan YDBA menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)/perjanjian kerja sama terkait program pembinaan & fasilitasi akses pemasaran IKM.


Dalam perjanjian tersebut, perusahaan tier 1 akan membeli produk IKM binaan YDBA yang telah memenuhi standar quality, cost dan delivery (QCD) yang diberikan oleh perusahaan tier 1 tersebut, sedangkan IKM dapat membuat produk berdasarkan QCD yang ditetapkan. YDBA berperan memberikan pembinaan manajemen kepada IKM yang terlibat untuk mendukung IKM menghasilkan produk yang dibutuhkan perusahaan tier 1.


Turut menyaksikan dalam proses penandatanganan MoU, yaitu Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita; Ketua Umum Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN), Arsjad Rasjid, serta Direktur PT Astra International Tbk, Gita Tiffani Boer.


Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (8/11/2022), Gita Tiffani Boer menyampaikan bahwa kerja sama ini menjadi salah satu bagian dari kontribusi sosial berkelanjutan Astra. Khususnya Astra untuk Indonesia Kreatif yang diharapkan dapat terus mendukung IKM Indonesia dalam mengembangkan usahanya.


Kontribusi YDBA dalam membina IKM merupakan bagian dari Community Development, aspirasi ke-9 dari Astra 2030 Sustainability Aspirations. Gita Tiffani Boer berharap kolaborasi yang melibatkan berbagai perusahaan tier 1 dan IKM ini dapat terus berlangsung dan melibatkan lebih banyak lagi perusahaan tier 1 dan IKM di Indonesia. Direktur PT Astra International Tbk ini juga berharap kegiatan ini dapat terus mendukung tumbuhnya industri komponen otomotif di Indonesia. (Eko Hilman). ***