EmitenNews.com - Astra Credit Companies (ACC) menyalurkan modal usaha untuk UMKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Seremoni penyaluran modal usaha dari grup perusahaan pembiayaan ini, berlangsung di Gallery YDBA, Jalan Gaya Motor 1, Sunter, Jakarta Utara pada 20 September 2024.

Acara itu dihadiri sejumlah pihak. Antara lain Chief Human Capital Officer ACC Matilda Esther, EVP Corporate Communication & ESR ACC Riadi Prasodjo, Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo. Lainnya, Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio dan Bendahara Pengurus YDBA Agung Sampurno.

Dalam rilisnya Jumat (20/9/2024), Chief Human Capital Officer ACC Matilda Esther mengatakan bahwa kegiatan penyaluran dana usaha UMKM ini merupakan salah satu inisiatif dalam Pilar Kewirausahaan Corporate Social Responsibility (CSR) ACC untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. 

“Kami berkolaborasi dengan YDBA yang fokus pada pembinaan UMKM, agar dana usaha yang kami salurkan tepat sasaran, sehingga dapat membantu meningkatkan usaha UMKM,” ujar Esther.

Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo mengatakan bahwa Astra melalui YDBA menjalankan pembinaan UMKM yang bukan sekedar pelatihan lalu pergi. Astra melalui YDBA memberikan pendampingan intens dengan mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) sebagai cabang YDBA di daerah yang memiliki peran untuk membina UMKM di lokasi didirikannya LPB. 

Fasilitasi pembiayaan ini menjadi salah satu program pembinaan yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan bisnis UMKM, sehingga UMKM bisa naik kelas. Ke depan Samulo juga berharap program ini dapat berjalan sustain dan bisa mengakomodir lebih banyak lagi UMKM yang menerima manfaatnya. 

ACC menyalurkan dana usaha sebesar Rp100 juta untuk 20 UMKM binaan YDBA dengan sistem dana bergulir. Dana bergulir merupakan dana yang dipinjamkan tanpa bunga sebagai modal usaha bagi UMKM selama jangka waktu 12 bulan. Nantinya, akan digulirkan untuk disalurkan kembali kepada UMKM lainnya ketika masa peminjaman selesai.

UMKM penerima dana usaha dari ACC merupakan UMKM binaan yang aktif mengikuti program YDBA namun belum mendapatkan fasilitas pembiayaan dari YDBA. Sebanyak 20 UMKM penerima dana bergulir ini juga memiliki usaha kuliner yang sudah berjalan minimal 1 tahun dengan pelaku usahanya adalah seorang perempuan.

Setelah pelaksanaan seremoni simbolis penyerahan dana usaha untuk UMKM, ACC dan YDBA juga menyelenggarakan mini talkshow bertajuk “Pentingnya Kolaborasi dalam Mendukung Pembiayaan UMKM”. 

Narasumbernya adalah EVP Corporate Communication & ESR ACC Riadi Prasodjo, Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio dan perwakilan UMKM Kuliner binaan YDBA, Irene Helviani. Mini talkshow ini mengupas tentang seluk beluk program kolaborasi ACC dengan YDBA dalam hal penyaluran dana bergulir untuk UMKM. (Eko Hilman). ***