EmitenNews.com - PT Mandala Multifinance Tbk. (MFIN) berencana membagikan saham bonus kepada para pemegang saham. Namun, sebelum aksi korporasi ini dilakukan, perusahaan harus mendapatkan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan pada 14 Oktober 2024 di kantor pusat MFIN, Jakarta.

Corporate Secretary MFIN, Mahrus, menjelaskan bahwa pemegang saham yang berhak menghadiri RUPSLB adalah mereka yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) per 19 September 2024.

"Agenda RUPSLB kali ini mencakup persetujuan rencana pembagian saham bonus, serta persetujuan perubahan anggaran dasar perusahaan," ungkapnya.

Saham bonus yang akan dibagikan berasal dari kapitalisasi saldo laba. Berdasarkan laporan keuangan per akhir Desember 2023, MFIN mencatat saldo laba sebesar Rp3,29 triliun. Direksi mengusulkan untuk mengkapitalisasi sebagian saldo laba sebesar Rp117,5 miliar menjadi saham bonus.

"Tujuan pembagian saham bonus ini adalah untuk memperkuat struktur permodalan serta menyesuaikan modal disetor sesuai regulasi yang berlaku," tambah Mahrus.

Jika RUPSLB menyetujui pembagian saham bonus, maka setiap 1 saham yang tercatat pada tanggal penentuan, yakni 24 Oktober 2024, akan mendapatkan 1 saham bonus. Saham bonus tersebut memiliki nilai nominal Rp50 per saham.

Mekanisme pembagian saham bonus ini mengikuti aturan OJK sesuai POJK No. 27/2020, dimana jumlah saham yang dibagikan tergantung pada harga pasar saham pada penutupan 1 hari sebelum RUPS. 

Jika harga saham lebih rendah dari nilai nominal, jumlah saham ditentukan berdasarkan nilai nominal saham tersebut.

Cum dan Ex Saham Bonus di pasar reguler dan negosiasi dijadwalkan pada 22 dan 23 Oktober 2024, sementara di pasar tunai pada 24 dan 25 Oktober 2024. Saham bonus akan didistribusikan pada 14 November 2024.