EmitenNews.com - PT Terang Dunia Internusa Tbk. (UNTD) membagikan kabar terbaru. Perseroan memperkuat eksistensinya di industri otomotif EV dalam negeri dengan merilis produk terbarunya di tengah persaingan pasar motor listrik yang kian ketat. Produsen motor listrik lokal pemilik merek United E-Motor dan merek terbaru Avand E-Motor tersebut, mengeluarkan 2 tipe motor listrik terbarunya, yaitu Avand SC 121 & SC 122.

Dalam rilisnya Jumat (27/9/2024), Direktur UNTD, Andrew Mulyadi mengatakan bahwa kedua tipe motor listrik tersebut menjadi pilihan teranyar bagi masyarakat urban yang aktif bertransportasi dengan kendaraan ramah lingkungan. Ia memastikan, kehadiran seri Avand SC merupakan angin segar bagi penikmat motor listrik lokal. 

“Avand SC 121 & SC 122 sangat sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan motor listrik berkualitas dengan harga ekonomis namun memiliki spesifikasi yang unggul dan cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Product Launch yang dilangsungkan pada 27 September 2024 di Sapphire Room United Grand Hall Alam Sutera, Tangerang Selatan tersebut menghadirkan Andrew Mulyadi (Direktur UNTD) sebagai pembicara. Turut mendampingi oleh General Manager United E-Motor, Andry Dwinanda dan Assistant Manager of Research & Development UNTD, Fendi Widhiatmoko.

Acara yang dikhususkan untuk para awak media tersebut disertai dengan test ride perdana kedua produk Avand SC 121 & SC 122.

Spesifikasi, Fitur dan Keunggulan seri Avan

Seri Avand SC menjadi duo motor listrik urban terbaru yang dilengkapi beragam fitur unggulan. Desain yang ergonomis dari Avand SC 121 & SC 122 sangat cocok dengan postur tubuh masyarakat Indonesia. 

Diciptakan dengan sizing yang compact menjadikan kedua motor listrik tersebit lebih mudah bermanuver di jalanan perkotaan dan nyaman digunakan untuk komuter sehari-hari. Lower deck yang sangat luas dan bagasi jok motor berkapasitas besar mampu menampung barang bawaan yang lebih banyak, sehingga pengendara tidak perlu direpotkan lagi dengan ukuran ruang penyimpanan.

Dari sisi mesin, seri Avand SC dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni di kelasnya. Hub Drive 1200 Watt yang disematkan mampu menghasilkan 2300 Watt Top Power dengan kecepatan maksimum hingga 60 km / jam. 

Baterai Sealed Lead Acid (SLA) yang berkekuatan 72V 20Ah yang ada mampu memberi jarak tempuh hingga 60 km dan tenaga yang besar dibuktikan dengan kekuatan daya tanjak yang mumpuni. Jeroan yang ada pada seri Avand SC ini menjadikannya sebagai motor dengan dimensi kecil yang memiliki performa ideal.

Untuk fitur, tidak perlu diragukan lagi bahwa Avand SC 121 & SC 122 hadir dengan beragam fitur yang inovatif. Fitur Anti Rollback yang merupakan sistem pengereman untuk menjaga agar motor tidak mundur saat berhenti di jalan menanjak. Fitur tersebut merupakan unggulan yang tidak dimiliki oleh merek motor listrik lainnya. 

Cruise Control yang memampukan motor melaju dengan konstan pada kecepatan tertentu tanpa perlu mengendalikan throttle grip. Reverse Mode yang berguna untuk memudahkan pengendara memundurkan kendaraannya saat parkir. 

Untuk keamanan lebih, seri Avand SC dilengkapi dengan teknologi Power Cut Off yang akan menonaktifkan mesin lewat 3 kondisi, yaitu saat pengereman penuh, kickstand atau standar samping diturunkan dan saat motor dalam pengisian daya.

Pada sistem penerangan, Avand SC 121 & SC 122 dengan lampu LED depan dan belakang, serta Projector Headlamp yang terdapat di lampu depan yang memberi penerangan ekstra dan lebih fokus sehingga berkendara di malam hari lebih aman dan nyaman. Selain itu, fitur-fitur lainnya seperti Digital Display Panel dan Keyless Remote hadir melengkapi teknologi inovatif yang ditawarkan oleh seri Avand SC.

Secara teknis, spesifikasi kedua motor listrik tersebut tidak jauh berbeda. Perbedaan mendasar terdapat pada tampilan luar dari keduanya. Avand SC 121 memiliki tampilan bodi depan dengan lampu depan atau headlamp berbentuk kotak, sedangkan untuk Avand SC 122 hadir dengan headlamp berbentuk bulat.

UNTD memberikan harga spesial selama periode launching perdana. Avand SC 121 dibanderol dengan harga off the road Jakarta sebesar Rp10,4 juta dan Avand SC 122 dengan harga off the road Jakarta sebesar Rp10,9 juta. Tawaran itu menjadikan kedua Avand SC Series sebagai motor listrik dengan harga yang sangat terjangkau.

Penting dicatat, Avand SC 121 & SC 122 kini bisa didapatkan di authorized store United E-Motor yang tersebar pada beragam wilayah di Indonesia, lewat berbagai jenis fasilitas pembiayaan dan penjualan e-commerce. Selain itu, dapat pula ditemui di berbagai jaringan traditional market (dealer sepeda) dan modern market seperti Transmart, Hypermart, dan lain sebagainya. (Eko Hilman). ***