EmitenNews.com - PT Astra International (ASII) membentuk usaha patungan atau joint venture (JV). Usaha patungan hasil kerja bareng dengan LOGOS SE Asia Pte Ltd (LOGOS), dan Hongkong Land (HKL). Itu dibentuk untuk mengelola, dan mengembangkan gudang logistik modern di Indonesia.


Astra dan Hongkong Land melalui PT Astra Land Indonesia (ALI) akan membentuk perusahaan patungan bersama dengan LOGOS untuk mengelola gudang logistik modern di Indonesia dengan fokus awal area Jabodetabek. ”Pembentukan usaha patungan dengan LOGOS menunjukkan keyakinan kami terhadap sektor logistik. Kami ingin memperluas ketersediaan fasilitas gudang modern untuk mendukung sektor logistik di Indonesia dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia,” tutur Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro, Selasa (8/2).


Manajemen Astra menyebut pasar pengiriman, dan logistik di Indonesia, didalamnya termasuk gudang modern, diperkirakan meningkat dari USD81,3 miliar pada 2020 menjadi USD138,04 miliar pada 2026. Peningkatan investasi itu, didorong pertumbuhan e-commerce ditopang oleh kemajuan teknologi digital. Sektor pergudangan modern memiliki ruang tumbuh karena outsourcing logistik Indonesia masih dapat dioptimalkan di kawasan Asia Tenggara. ”Apalagi, permintaan gudang modern di Jabodetabek meningar petat,” imbuhnya.


Sementara itu, Chairman LOGOS Asia Tenggara Stephen Hawkins mengatakan, sangat apresiatif bekerja sama dengan Astra dan Hongkong Land untuk memenuhi permintaan gudang logistik modern terus meningkat, dan tentu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Pembentukan JV itu, tentu akan meningkatkan sinergi kedua perusahaan. ALI memiliki rekam jejak baik pasar properti, dan LOGOS memiliki pengalaman kuat, dan luas dalam mengembangkan keberlanjutan, dan solusi logistik terintegrasi di pasar lokal dan internasional.


LOGOS merupakan spesialis logistik tumbuh dinamis dengan wilayah operasional meliputi Australia, China, Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, India, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Jepang. Sejak tahun 2017, LOGOS telah hadir di Indonesia dengan beberapa portofolio gudang modern yang berlokasi di Cibitung, Cileungsi, Cikarang, dan Pondok Ungu. (*)