GTV juga tumbuh 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai Rp162 triliun.

 

Lebih lanjut diungkapkan, unit bisnis On-Demand Services mencatatkan margin yang berkontribusi positif untuk kuartal keempat 2022, satu kuartal lebih cepat dari pedoman kinerja.

 

Sementara itu, Direktur Keuangan GOTO, Jacky Lo menyampaikan, posisi kas Perseroan tercatat sebesar Rp29 triliun pada akhir kuartal keempat 2022.

 

Perseroan juga memiliki fasilitas kredit dengan nilai sekitar Rp4,65 triliun yang mana telah digunakan sebesar Rp1,5 triliun.

 

Dengan demikian, posisi kas dan neraca Grup GoTo tetap solid dan memadai untuk mencapai arus kas operasional positif tanpa membutuhkan pendanaan eksternal tambahan. 

 

“EBITDA yang disesuaikan secara Grup pada kuartal keempat 2022 adalah sebesar Rp-3,1 triliun atau -1,9 persen dari GTV, yaitu perbaikan sebesar 52% dari tahun sebelumnya dan 15% dari kuartal sebelumnya,” papar dia.

 

Ia melanjutkan, upaya penghematan di kuartal keempat 2022 berdampak pada penurunan beban operasional tetap (fixed operating expense) rata-rata bulanan sebesar 20 persen pada Januari-Februari 2023, dibandingkan dengan kuartal keempat 2022, dan menghasilkan penghematan biaya bulanan senilai sekitar Rp200 miliar.

 

Adapun insentif dan pemasaran produk berkurang 34 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada kuartal empat 2022 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, atau senilai Rp2,8 triliun.