EmitenNews.com - Indonesia-Indonesia memperkuat kerja sama bilateral. Untuk itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman membentuk Dialog Kerja Sama Ekonomi dan Keuangan (Economic and Financial Dialogue/EFD), di Gandhinagar, Gujarat, India.

 

"Indonesia dan India terus berdiskusi, terutama di bawah kedua Kementerian Keuangan, tentang upaya untuk membangun dialog yang kuat di tingkat kebijakan, mulai dari level tertinggi hingga level yang sangat teknis," kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan resmi, di Jakarta, Senin (17/7/2023).

 

Menurut Sri Mulyani, Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan serta sejarah yang panjang. Misalnya, hubungan perdagangan antara kedua negara, terutama dari Gujarat, telah terjadi sejak sebelum abad ke-13. Mulai dari hasil pertanian berupa rempah-rempah hingga pakaian dan perhiasan.

 

Sejarah hubungan ekonomi tersebut yang kemudian menjadi salah satu fondasi dalam memperkuat kerja sama bilateral kedua negara.

 

"Kami saling berbagi mengenai banyak hal untuk memenuhi kebutuhan pembangunan domestik masing-masing negara," kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati. ***