EmitenNews.com - Berlebaran bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga di Yogyakarta, Prabowo Subianto disuguhi makanan khas lebaran, opor ayam dan tempe bacem. Usai bersilaturahim secara terbatas bersama staf di kediaman di Hambalang, Bogor, ditemani anak semata wayangnya Didit Hediprasetyo, Menteri Pertahanan terbang ke Yogya menemui Presiden. Siangnya menyambangi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Jakarta.


"Siang hari ini saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah ini," kata Presiden Jokowi di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022).


Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (3/5/2022), Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan, aktivitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai salat Idulfitri 1443 Hijriah.


Setelah salat Id, bersilaturahmi terbatas dengan staf-staf di kediaman Bogor, lalu menuju Yogyakarta menemui Presiden untuk berlebaran bersama Presiden, dilanjutkan siangnya bersilaturahmi dengan Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta Pusat.


Di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Prabowo disambut oleh Jokowi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan putra bungsu Kaesang Pangarep. Mereka langsung saling menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin.


"Selamat Idul Fitri, maaf lahir batin, Pak Didit maaf lahir batin nggih," jawab Jokowi kepada Prabowo dan Didit.


Prabowo sempat disuguhi oleh Jokowi makanan khas lebaran. Prabowo disuguhi opor ayam dan tempe bacem.


Jokowi mengaku tidak ada bahasan ekonomi maupun politik saat silaturahmi. Dia menyebut pertemuan berlangsung cair. "Kami banyak berbincang-bincang tetapi yang ringan-ringan. Bukan politik. Ekonomi juga ndak. Yang ringan-ringan semua yang kita bicarakan. Juga makan opor bersama-sama. Itu aja."


Prabowo sempat menceritakan pengalamannya perjalanan mudik ke Cengkareng yang ditempuh hanya selama 1 jam. "Lebaran ke Cengkareng itu kurang dari 1 jam."


"Wah biasanya 2 jam, pernah 2 jam," timpal Jokowi diiringi tawa lebar keduanya.


Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga mengungkap pentingnya bersilaturahmi sesuai dengan tradisi. Dia juga memastikan tidak ada topik penting lain seperti ekonomi atau politik yang dibahas keduanya.


"Pada Hari Idul Fitri memang sudah tradisi kami hari pertama kita silaturahmi kepada pemimpin kita, kepada presiden kita," katanya.


Jokowi sempat membahas terkait antibodi masyarakat Indonesia, vaksinasi Covid-19, yang sudah mencapai 99,2 persen. Jokowi mengaku kepada Prabowo sempat kaget mendengar kabar tersebut. "Saya kaget juga, 99,2 persen masyarakat kita sudah punya antibodi." ***