EmitenNews.com - Para peserta ajang lari BTN Jakarta International Marathon (Jakim) 2024 dapat mengambil race pack hingga besok, Sabtu, 22 Juni 2024. Pengambilan race pack berlokasi di Ballroom Hotel Aryaduta Menteng. Selain itu, pada gelaran Race Expo BTN Jakim tersebut, para peserta juga bisa menikmati sejumlah hiburan menarik.

Misalnya, penampilan DJ Elenara, DJ Zabylla & Soul of Tone, Berlari Berdendang, dan Sanada. Kemudian, ada juga Expo Merchant menampilkan UMKM, dan sponsor. Race Expo hari pertama dan kedua (20-21 Juni 2024) diadakan mulai pukul 10:00-20:00 WIB, sedang Race Expo ketiga (22 Juni 2024) mulai pukul 10:00-18:00 WIB. 

Corporate Secretary BTN Ramon Armando mengatakan BTN sangat bangga bisa menjadi bagian dari Jakim 2014, salah satu rangkaian perayaan HUT Jakarta yang sudah dilaksanakan lebih dari 1 dekade terakhir. ”Sukses BTN Jakim 2024 akan menjadi kesuksesan seluruh warga Jakarta untuk memeriahkan HUT Jakarta," tuturnya. 

Peserta yang ingin mengambil Race Pack bisa mengikuti beberapa syarat, dan ketentuan. Misalnya, pengambilan Race Pack hanya bisa dilakukan pada waktu, dan tempat telah ditentukan, yaitu Race Expo di Hotel Aryaduta pada 20-22 Juni 2024. Race Pack juga hanya bisa diambil pelari terdaftar. 

Kalau peserta berhalangan bisa diwakilkan dengan ketentuan bawa surat kuasa yang diteken pelari terdaftar, membawa kartu identitas peserta serta yang mewakilinya, perwakilan hanya dapat menggunakan satu surat kuasa untuk mengambil race pack maksimal untuk 3 pelari terdaftar. 

Race pack BTN Jakim 2024 terdiri dari beberapa item seperti, jersey, string bag, BIB, dan timing chip. Selain race pack, peserta juga akan mendapat benefit lain macam e-racebook, asuransi, medali, dan jersey setelah menyelesaikan marathon hingga finish. Pada BTN Jakim 2024, ada tiga kategori, yakni 10K, half marathon, dan full marathon. Seluruh kategori start dari silang Monas, dan Finish Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Ramon melanjutkan, bagi para keluarga peserta BTN Jakim 2024 juga dapat ikut memberi semangat, dan apresiasi di garis finish Stadion Utama GBK. Sementara itu, guna mendukung acara dalam HUT Jakarta tersebut, Pemda Jakarta menutup 36 ruas jalan sebagian Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan mulai pukul 02.00 WIB dini hari hingga pukul 12.00 WIB pada Minggu, 23 Juni 2024. Sedangkan rekayasa lalu lintas dilakukan Sabtu, 22 Juni 2024 sejak pukul 21.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan permohonan maaf, dan mohon dukungan masyarakat Jakarta untuk ajang tersebut. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan dialami masyarakat. Kami berharap masyarakat turut meramaikan, dan memeriahkan HUT Jakarta termasuk event Jakim 2024,” ucap Syafrin.

Sejumlah ruas jalan akan ditutup selama penyelenggaraan Jakim 2024 di antaranya ?Ruas Jalan Medan Merdeka Barat sisi Timur, ?Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Utara, ?Jalan Medan Merdeka Timur sisi Barat, ?Jalan Perwira, ?Jalan Lapangan Banteng Barat,? Jalan Lapangan Banteng Selatan, ?Jalan Wahidin Raya,? Jalan Gunung Sahari (dari simpang Jalan Gunung Sahari-Wahidin sampai dengan simpang Jalan Gunung Sahari-Jalan Budi Utomo), ?Jalan Budi Utomo sisi Selatan,? Jalan Lapangan Banteng Utara.

Lalu, ?Jalan Katedral, ?Jalan Juanda sisi Selatan,? ?Jalan Veteran sampai dengan simpang Jalan Veteran-Veteran III,? Jalan Medan Merdeka Utara (dari simpang Jalan Merdeka Utara-Veteran III sampai dengan simpang Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka sisi Timur), ?Jalan MH Thamrin sisi Timur, ?Jalan Jenderal Sudirman sisi Timur, ?Jalan Jenderal Sudirman sisi Barat,? Jalan Imam Bonjol-Taman Sunda Kelapa (Taman Suropati), ?Jalan HOS Cokroaminoto dari simpang jalan HOS Cokroaminoto-Imam Bonjol sampai dengan Jalan HR Rasuna Said, ?Jalan HR Rasuna Said sisi Timur.

Kemudian, ?Jalan HR Rasuna Said sisi Barat (sebagian), Underpass Mampang Kuningan, ?Jalan Mampang Prapatan Raya, ?Jalan Senopati, ?Jalan Pattimura, ?Underpass Pattimura, ?Jalan Hasanudin,? Jalan Iskandarsyah Raya, ?Jalan Prapanca Raya, ?Jalan Sisingamangaraja sisi Timur, ??Jalan Sisingamangaraja dari simpang jalan Sisingamangaraja-Raden Patah II-Hang Tuah VII sampai dengan simpang CSW, ?Jalan Sisingamangaraja sisi Barat, ??Jalan Gatot Subroto hingga simpang Gerbang Pemuda, dan ??Jalan Gerbang Pemuda hingga Pintu 10 GBK. 

Pemprov Jakarta mengakui rekayasa lalu lintas, dan penutupan ruas jalan tentu akan mengganggu perjalanan warga, sehingga permohonan maaf telah diutarakan Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Syafrin Liputo belum lama ini. Pemprov Jakarta menerapkan prinsip 3S (Security, Safety, dan Steril) dalam melaksanakan ajang ini, sehingga selain melakukan penutupan jalan, dilakukan pula sterilisasi dari segala kegiatan termasuk Car Free Day. Untuk mendukung kelancaran acara, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan 16 rute alternatif bagi masyarakat yang butuh akses sepanjang Sudirman-Thamrin. (*)