EmitenNews.com - Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai untuk periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini sebesar Rp197,6 triliun. 

Adapun besaran uang yang akan diedarkan untuk penukaran uang itu lebih tinggi 4,65% dari periode Ramadan dan Idul Fitri tahun lalu sebesar Rp 189 triliun. Mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi dan penggunaan digital

“Kita sudah menyiapkan karena tinggal 2 minggu lagi, kita front loading, siapkan Rp197,6 triliun,” kata Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono, dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur, Rabu (21/2/2024). 

Doni menjelaskan, uang tunai yang disiapkan tersebut telah memperhitungkan peningkatan transaksi secara nontunai.

“Artinya persentasenya sudah kita pertimbangkan dengan nontunai. Jadi, akhirnya kita pertimbangkan untuk menaikkan sekitar 4,65%,” jelasnya. 

Doni juga mengatakan bahwa BI akan menyiapkan sebanyak 4.674 titik penukaran, lebih masif jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

“Dan tambahan lagi kita mau tambah 449 titik yang hub dengan transportasi. Jadi di jalan tol segala macam kita perbanyak, jadi memungkinkan orang sambil mudik di rest area, pelabuhan, stasiun, bandara,” katanya.