EmitenNews.com - PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD) berencana mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada triwulan I 2024. Perseroan menawarkan sebanyak-sebanyaknya 1.666.666.700 saham kepada publik. Itu mencapai 25% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah IPO saham, dengan harga penawaran awal berada di kisaran Rp170 - Rp240 per saham. 

 

Direktur UNTD, Andrew Mulyadi dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (11/1/2023), mengemukakan, Perseroan berpotensi memperoleh dana sebesar Rp283,3 miliar - Rp400 miliar melalui IPO ini. 

 

"Seluruh Dana IPO akan digunakan untuk membiayai modal kerja yang terkait dengan produksi e-motor dan e-moped antara lain untuk melakukan pembelian bahan baku seperti frame, baterai, dinamo, wheel-set, multiinformation display (spidometer digital, GPS), brake system, dan suspension,” katanya.

 

Roadshow dan penawaran awal (bookbuilding) saham UNTD dijadwalkan pada 11 - 22 Januari 2024. Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan bisa diperoleh pada 30 Januari 2024. Setelah pernyataan efektif terbit, saham UNTD diharapkan bisa tercatat (listing) di Bursa Efek Indonesia pada 7 Februari 2024.

 

Untuk menjalankan rencana aksi korporasi ini, manajemen UNTD telah menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia dan PT BRI Danareksa Sekuritas sebagai Underwriter penjamin pelaksana emisi Efek Perseroan.

 

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun jajaran manajemen dan pemegang saham, perseroan optimistis memiliki posisi yang kuat dalam persaingan usaha. Perseroan bergerak di Industri Sepeda dan Industri Sepeda Motor Roda Dua dan Tiga. 

 

Perseroan terkenal dengan merek United Bike untuk sepeda dan United E-Motor untuk sepeda motor Listrik. Saat ini Perseroan mendistribusikan sepeda ke 490 dealer di dalam negeri dan 15 dealer ke luar negeri. 

 

“Dengan infrastruktur dan pengalaman yang kami miliki, ditambah dengan insentif pemerintah, kemudahan pembiayaan EV, serta pembangunan infrastruktur pengisian Listrik oleh pemerintah, kami berada di posisi strategis untuk mengembangkang bisnis sepeda motor listrik yang kami miliki,” Direktur UNTD, Andrew Mulyadi.

 

Merek “United” telah memiliki reputasi terpercaya dapat menjadi kekuatan untuk melakukan penetrasi ke pasar sepeda motor Listrik. Perseroan juga memiliki jaringan distribusi yang luas dengan 490 dealer United Bike serta 26 dealer dan 49 sub dealer United E-Motor.