EmitenNews.com - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) semakin menunjukkan keseriusannya dalam memperluas portofolio lahan dan propertinya. Perseroan mengumumkan kesiapan mereka untuk menyelesaikan akuisisi PT Suryamas Dutamakmur Tbk (SMDM) pada akhir tahun 2024.

Diketahui sebelumnya, BSDE telah menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat yang mencakup 91,99% saham SMDM dari Top Global Limited (TGL) pada akhir Juli 2024. Langkah ini menandai komitmen BSDE untuk memperkuat posisi mereka di pasar properti Indonesia.

Dalam acara Public Expose Live 2024 yang diadakan hari ini (28/8), Direktur BSDE, Hermawan Wijaya, mengonfirmasi bahwa proses administrasi akuisisi ini sedang dalam tahap penyelesaian. 

"Kami optimis pembayaran bisa diselesaikan pada tahun ini atau paling lambat tahun depan," ujarnya.

Wijaya juga menyoroti potensi keuntungan dari akuisisi ini, terutama dalam hal peningkatan cadangan lahan (landbank) dan diversifikasi pasar geografis. 

"SMDM memiliki lahan di Bogor, Rancamaya, Jonggol, dan Cibubur, yang dapat mendorong peningkatan marketing sales kami di masa mendatang," tambahnya.

Hingga pertengahan tahun 2024, BSDE telah mencatat marketing sales sebesar Rp4,84 triliun, atau 51% dari total target tahunan sebesar Rp9,5 triliun. Selain itu, Wijaya optimis dapat menjaga gross profit margin di kisaran 65-70% hingga akhir tahun.

Sebagai informasi, pada perdagangan Rabu (28/8) pukul 10.30 WIB, saham BSDE terpantau naik 85 poin menjadi Rp1.325 per saham. Dalam sebulan, saham BSDE naik 28,02%.