EmitenNews.com - Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), emiten produsen beras memperkuat bisnis keberlanjutan dengan memanfaatkan hasil samping produksi penggilingan padi.


"Melalui upaya ini HOKI turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan serta sebagai wujud antusiasme HOKI dalam menyambut era pajak karbon," kata Direktur HOKI, Budiman Susilo dalam keterangannya yang diterima, Jumat (25/2).


Produsen padi merek "Topi Koki" ini turut diundang dalam Webinar ProPakTani pada 24 Februari 2022 yang digelar Kementerian Pertanian bertema "Pemanfaatan Hasil Samping Penggilingan Padi dalam Menunjang Sistem Agroindustri & Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca".


Budiman yang tampil sebagai pembicara mengaku senang dapat berbagi pengalaman kepada masyarakat seputar pemanfaatan hasil samping proses produksi beras.


"Kami sudah menjalankan berbagai upaya untuk bisnis keberlanjutan. Hal ini karena kami sangat memperhatikan hasil samping dari produksi HOKI agar dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar," katanya. Dengan itu HOKI berharap dapat terus memperkuat bisnis keberlanjutan dengan turut terus menjaga lingkungan.


Upaya yang dilakukan HOKI dalam memanfaatkan hasil samping, yaitu melakukan pengelolaan hasil samping sekam padi dengan telah membangun Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Sekam Padi di Palembang, Sumatera Selatan.


Adapun Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi HOKI ini berkapasitas 3 MW listrik dan merupakan salah satu yang pertama di Indonesia.


HOKI juga membuat mesin pengepres hasil samping sekam padi menjadi pellet di Pabrik Subang, Jawa Barat. Pellet ini juga dijual untuk pabrik semen sebagai bahan bakar. Pemanfaatan hasil samping lainnya, HOKI juga memproduksi tepung dedak padi untuk campuran pakan hewan, pupuk, dan tatakan telur.


Upaya-upaya ini yang dilakukan HOKI untuk memanfaatkan hasil samping yang diharapkan dapat turut menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kinerja HOKI.


Budiman menambahkan, upaya HOKI memperkuat bisnis keberlanjutan ini juga berkontribusi pada pencapaian pemenuhan beberapa Sustainable Development Goals (SDGs). Yakni air bersih & sanitasi, kota & komunitas berkelanjutan, konsumsi & produksi yang bertanggung jawab, aksi iklim, serta menjaga ekosistem di darat.


Seiring dengan upayanya dalam mendorong bisnis keberlanjutan, HOKI juga terus berupaya untuk memperbaiki kinerja, salah satunya melalui anak usahanya PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Di akhir 2021 lalu, HDN telah memperkenalkan dua produk baru berupa beras jagung dan beras singkong.


"Adanya produk baru ini juga menunjukan bahwa HOKI selain peduli terhadap lingkungan, juga peduli akan produk-produk yang sehat dan berkualitas," kata Budiman.(fj)