Entah datang darimana, ketika kita berbicara mendengar kata 'saham', tiba-tiba kita mengkorelasikan dengan kaya raya, pensiun muda dan apapun bayangan yang hubungannya dengan kemapanan. Saya juga orang dengan golongan keyakinan itu ketika pertama kali mengenal investasi saham di usia saya yang berusia 18 tahun saat itu.


Saya mau membangunkan Anda dari tidur Anda, bahwa mimpi soal mengenal investasi saham adalah program cepat kaya. Tapi sebelum Anda menghentikan membaca tulisan ini, saya mau berjanji 1 hal, bahwa mengenal investasi saham, memang tidak bisa membuat Anda cepat kaya, tapi sudah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan memang nyata mendekatkan saya dengan kekayaan. Cukup adil?


Baik, saya akan memberikan beberapa poin as always tulisan Ryan Filbert diakhiri dengan poin-poin penting.


1. Prinsip sebatang lidi dan seikat

Saya perlu mengoreksi pemahaman Anda, saham memang membuat Anda kaya, kalau Anda punya DALAM JUMLAH YANG BANYAK, BAHKAN SANGAT BANYAK. Tapi Anda dengan modal seadanya, membeli beberapa lembar saham, berharap menjadi kaya raya? Sebatang lidi dengan mudah bisa di patahkan, tapi Seikat lidi, silahkan Anda coba patahkan, kokoh dan keras, benar? Selembar saham adalah sebatang lidi, sangat lemah, 'ikatlah' lembaran saham itu sehingga tebal, Anda baru menjadi kaya karenanya.


2. Mempercepat puluhan tahun, bahkan berabad

Tidak perlu memiliki pabrik susu, bila Anda ingin minum susu, setuju? Dengan memiliki saham, Anda tidak perlu mendirikan pabrik mobil, perkebunan kelapa sawit, bank, perusahaan asuransi, dan lainnya dengan tangan Anda sendiri. Berapa tahun dari hari ini Anda bisa mendirikan itu semua dari 0? Membeli saham, seketika selembar saham itu Anda beli, Anda menjadi pemilik perusahaan yang saham nya Anda beli. Anda telah mempercepat sebuah bisnis Anda tanpa harus dimulai dari 0! Dan tidak perlu Anda kontrol sendiri, saya bertanya, berapa tahun Anda merintis karir Anda sampai hari ini? Lama? Penuh perjuangan? Hemat waktu bukan? Dengan membeli saham nya, seketika Anda tidak mulai membuka usaha dari 0. Jelas tidak bisa secepatnya kaya, Anda saja merintis karir dan usaha Anda, mana bisa juga saham yang Anda beli seketika membuat Anda kaya? Ini bukan lotere yang dikocok dan Anda adalah pemenangnya. Ini adalah bisnis yang tidak dirintis dari 0, Anda duduk manis menunggu perkembangannya.


3. Faktor krusial semua orang adalah 'Peraturan'

Anda orang yang suka diatur? Rasanya hampir saya temui, semua orang selalu mengeluh dengan sebuah proses kedisiplinan dan aturan. Saya pun demikian. Tidak suka ada aturan masuk kerja yang ditetapkan, tidak suka dengan target yang ditetapkan, dan banyak lagi. Tapi saya berikan 1 rahasia kesuksesan, 'aturan' adalah rahasia sukses nya. Tanpa aturan yang Anda tetapkan sendiri atau Anda diatur, maka sebenarnya kehidupan akan cenderung lebih menuju kepada kegagalan. Aturan sederhana dalam investasi saham sebenarnya adalah terus mengakumulasi dan jangan khawatir akan penurunan Bagaimana aturan lainnya? Semakin besar uang yang Anda terima, semakin besarlah seharusnya uang yang Anda investasikan. Tapi seperti saya katakan, aturan itu sulit untuk kita patuhi, kita punya ketakutan, ada ketidaknyamanan dan ada juga keragu-raguan apalagi harus Anda lakukan dalam waktu yang lama.


Tapi memang itulah jalan untuk menjadi kaya dari saham, tidak bisa instan dan perlu proses. Semoga apa yang saya bagikan kali ini bisa memperbaiki pemahaman kita bersama soal investasi itu sendiri.


Semoga terus bermanfaat!