EmitenNews.com - Hasnur Internasional Shipping (HAIS) menggelar kompetisi desain solar panel. Ajang final bertema Photovoltaic on Tugboat Design Competition itu, berlangsung di Hotel HARRIS & Conventions Gubeng, Surabaya. Hasnur menggandeng Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan - Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (FTK-ITS), dan melibatkan galangan pembuat kapal.  


Kompetisi itu, diadakan untuk mendapat konsep desain photovoltaic (PV) solutif dan inovatif. Selanjutnya, akan diimplementasikan pada armada tugboat baru perseroan. Final kompetisi itu, diikuti 10 tim terbaik berbagai perguruan tinggi Indonesia. Peserta merupakan hasil seleksi terhadap 30 tim telah menyerahkan karya. Ajang itu melibatkan 56 tim. 


Soma Ariyaka, Direktur Hasnur mengaku kegiatan itu, bagian upaya perseroan meningkatkan semangat inovasi bagi generasi muda, khususnya mahasiswa, akan perkembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), dan bagian upaya perseroan mengimplementasikan Environment, Social, and Governance (ESG) pada berbagai aktivitas perseroan. 


Trika Pitana, Dekan FTK-ITS juga menambahkan kegiatan itu mendukung program Kementrian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi, yaitu program merdeka belajar, dan kampus merdeka, salah satunya keikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan lomba, yang nantinya dapat dikonversi pada salah satu mata kuliah. Hasnur akan terus mendorong kolaborasi akademisi, dan praktisi agar tetap dikembangkan di kemudian hari. (*)