EmitenNews.com - Dito Ariotedjo bakal dapat tugas lebih berat. Presiden Joko Widodo disebut-sebut bakal melantik politikus muda Partai Golkar itu, sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru hari ini, Senin (3/4/2023). Teman gaul, dan partner bisnis artis sekaligus pengusaha, Raffi Ahmad itu, akan mengisi posisi yang ditinggalkan Zainudin Amali. Bersamaan dengan itu, juga akan dilantik Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT menggantikan Komjen Boy Rafli Amar, yang memasuki masa pensiun.

 

Nama Dito Ariotedjo itu, salah satu dari tiga politikus muda yang diusulkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Presiden Jokowi, untuk menjadi menpora. Kursi menteri itu, memang hak partai Beringin sebagai salah satu parpol pendukung pemerintah. Dua nama lainnya, seperti diungkap oleh politikus Golkar Muhamad Fauzi adalah Ilham Permana dan Putri Komarudin.

 

Kabarnya Presiden Jokowi memutuskan akan melantik Dito Ariotedjo. Pelantikan pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu, rencananya berlangsung di Istana Kepresidenan, Senin ini, pukul 16.00 WIB.

 

Meski masih muda, 32 tahun, Ario Ariotedjo, yang lahir di Jakarta, 25 September 1990, memiliki jejak panjang dalam berorganisasi. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia itu, sudah menjadi aktivis organisasi sejak di bangku sekolah. Ia aktif dalam penyelenggaraan pertunjukan seni dan olah raga di sekolahnya.

 

Dito Ariotedjo yang terlahir dari pasangan, ayah Arie Prabowo Ariotedjo, mantan Direktur Utama PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk., dan sang ibu Arti Laksmigati, aktif di Partai Golkar.

 

Dalam usia 27 tahun, Dito Ariotedjo dipercaya menjadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Selepas itu, pada 2022, suami Niena Kirana Riskyana itu, masuk jajaran tim ahli Menteri Koordinator Perekonomian.

 

Di luar itu, pada akhir 2021, Dito Ariodtedjo bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan pengusaha Rudy Salim untuk membentuk dan membesarkan Rans Sport. Malah, hingga kini, ia masih menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC. 

 

Kita tunggu kiprah anak muda, politikus Golkar, lulusan FH UI ini dalam memajukan dunia olah raga di Tanah Air. ***