EmitenNews - IDCloudHost, startup Indonesia yang bergerak di bidang penyediaan solusi komputasi awan (cloud), mendapat suntikan dana sebesar US$5 juta, dari Init 6. Dana segar ini akan digunakan untuk memperkuat teknologi, mengembangkan sumber daya manusia (SDM), serta mengembangkan pasar cloud, khususnya pasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dan Asia Tenggara.


“Sesuai dengan komitmen kami sejak awal berdiri pada 2015, kami akan fokus memperkuat teknologi dan SDM untuk mendukung eksekusi dari seluruh rencana dan strategi bisnis yang sudah ditetapkan,” kata Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IDCloudHost dalam keterangan pers, Kamis (25/3/2021).


Init 6 adalah perusahaan investasi yang didirikan Co-Founder Bukalapak, Achmad Zaky, yang berfokus pada investasi ke startup tahap awal. Co-Founder Bukalapak lainnya, Nugroho Herucahyono, juga bergabung menjadi partner perusahaan setelah melepask posisinya sebagai Chief Technology Officer (CTO) Bukalapak.


Alfian mengatakan, adanya dukungan pembiayaan dari Init 6 akan memperkuat IDCloudHost dalam memberikan layanan terbaik, dengan meningkatkan kapasitas data centernya untuk memungkinkan pelanggan mengoptimalkan bisnisnya dengan pelayanan yang semakin efisien.


"Dengan dukungan investor Init 6, kami optimis jumlah pelanggan kami yang saat ini 100 ribu akan menjadi 1 juta pelanggan dari berbagai segmen industri dalam dua tahun ke depan,” katanya.


Dengan suntikan dana tersebut akan memperkaya dan memperkuat kemampuan IDCloudHost untuk terus melakukan inovasi dan melahirkan berbagai produk dan layanan terbaik yang dibutuhkan oleh pasar, serta menjadi solusi dalam mempercepat digitalisasi di Indonesia dan kawasan Asia lainnya.


“Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asean, Indonesia merupakan pasar yang sangat menarik. Berkembangnya infrastruktur digital selama 8 tahun terakhir di Indonesia menjadi proses digitaliasi di berbagai sektor, seperti UMKM, korporasi dan startup juga semakin cepat," katanya.


Melihat berbagai peluang di industri digital dan potensi pertumbuhan yang akan terus meningkat di masa depan, mereka yakin IDCloud akan bertumbuh dan berkembang lebih pesat lagi.


Selama lima tahun ini, ribuan pelanggan IDCloudHost telah mampu mengembangkan bisnis dengan baik, dengan platform digital. Pasar mereka juga semakin meluas, seiring dengan sebaran internet dan pemahaman masyarakat yang semakin baik dalam ekosistem digital ini.(*)