EmitenNews.com - PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA), menyampaikan bahwa telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Astra Komponen Indonesia (ASKI), anak perusahaan PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) pada Senin, 30 September 2024.

Kemitraan strategis ini bertujuan untuk mengembangkan dan memproduksi alat kesehatan lokal, memperkuat posisi Darya-Varia di industri kesehatan Indonesia.

Penandatanganan MoU ini menandai langkah penting Darya-Varia dalam memperluas portofolionya ke sektor alat kesehatan, melengkapi lini bisnis farmasi yang sudah ada.

Melalui kemitraan ini, Darya-Varia dan ASKI akan bersama-sama mengembangkan perangkat alat kesehatan lokal untuk kebutuhan wilayah Indonesia. Selain memenuhi kebutuhan domestik, kedua perusahaan juga membidik pasar ekspor produk-produk alat kesehatan ke mancanegara.

Sebagai inisiatif awal, kedua perusahaan akan fokus pada pengembangan Inovasi Self Patient Monitoring, langkah ini diharapkan dapat mendukung manajemen penyakit kronis yang lebih baik, terutama bagi penderita penyakit kronis di Indonesia.

"Kami sangat bersyukur dan menyambut baik kemitraan strategis ini, untuk bersama-sama berkolaborasi mengembangkan alat-alat kesehatan di dalam negeri menuju kemandirian bangsa khususnya di bidang peralatan Kesehatan. Kemitraan strategis dengan ASKI ini merupakan wujud komitmen Darya-Varia dalam membangun Indonesia yang lebih sehat melalui solusi kesehatan terintegrasi," ujar dr Ian Martin Wibawa Kloer, Presiden Direktur PT Darya-Varia Laboratoria Tbk.

"Dengan menggabungkan keahlian farmasi kami dengan kemampuan desain dan manufaktur ASKI, kami yakin dapat menghadirkan inovasi alat kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Prihatanto Agung Lesmono, Presiden Direktur PT Astra Komponen Indonesia, menambahkan, "Kolaborasi ini mempertemukan keunggulan ASKI dalam manufaktur presisi dengan pengetahuan mendalam Darya-Varia tentang kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. Kami optimis kemitraan ini akan menghasilkan produk-produk inovatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia."